Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pabrik Drone Rusia yang Disokong Iran Ternyata Sudah Lama Beroperasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 11 Juli 2023, 17:29 WIB
Pabrik Drone Rusia yang Disokong Iran Ternyata Sudah Lama Beroperasi
Citra satelit AS menunjukkan penampakan pabrik Albatross Rusia/Net
rmol news logo Pabrik pembuatan drone Rusia yang dibangun dengan bantuan Iran dilaporkan telah beroperasi sejak lama.

Pabrik yang dinamai Albatross itu didirikan di wilayah Rusia Tatarstan dan telah memproduksi sekitar 50 drone pengintai untuk perang melawan Ukraina.

Berdasarkan foto dan video dari media sosial Rusia dan media lokal, diketahui bahwa pabrik telah memulai produksi drone sejak Januari tahun ini.

Pakar persenjataan otonom di Pusat Analisis Angkatan Laut, Samuel Bendett, menyebut lokasi pabrik berada di sebelah sungai yang mengalir ke Volga dan dekat dengan Kazan, salah satu pusat manufaktur berteknologi tinggi Rusia.

"Tempat itu bisa membawa suku cadang dengan kapal pesiar dari Iran secara diam-diam," ujar Bendett, seperti dimuat The Defense Post pada Selasa (11/7).

Citra satelit yang dikeluarkan AS Juni lalu memperlihatkan hamparan pabrik yang berjarak sekitar 900 kilometer timur Moskow.

Financial Times, mencocokkan pernyataan Albatross tentang ruang pada fasilitas pabrik mereka dengan dimensi yang nampak pada citra satelit AS.

"Keduanya cocok. Selain itu, alamat yang tercantum di situs web Albatross tampaknya sesuai dengan lokasi yang diidentifikasi oleh foto AS," ungkap laporan itu.

Laporan itu menyebut, dalam beberapa bulan terakhir Albatross telah melakukan perekrutan untuk mencari insinyur kendaraan udara tak berawak (UAV) dan penutur bahasa Farsi yang dapat menerjemahkan dokumen teknis. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA