Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Desak ASEAN Ikut Tolak Rencana Pembuangan Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Juli 2023, 08:57 WIB
China Desak ASEAN Ikut Tolak Rencana Pembuangan Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut
PLTN Fukushima, Jepang/Net
rmol news logo China menyerukan agar negara-negara anggota ASEAN untuk ikut menolak rencana pembuangan air limbah nuklir dari pembangkit Fukushima, Jepang ke laut.

Seruan itu akan disampaikan Beijing selama Pertemuan Menteri Luar Negeri ke-56 ASEAN yang dimulai di Jakarta pada hari ini, Selasa (11/7).

Hal tersebut diungkap oleh sumber diplomatik yang dikutip Kyodo News.

Pada konsultasi tingkat kerja, Beijing juga telah meminta Indonesia sebagai Ketua ASEAN untuk menghindar istilah “air yang diolah” dalam pernyataan bersama yang akan dikeluarkan pada Jumat (14/7) setelah pertemuan keamanan tahunan.

Terlepas dari penolakan China, Jepang akan melanjutkan rencana pembuangan air limbah nuklir ke laut setelah mendapat lampu hijau dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Dalam laporannya, IAEA menyebut rencana Tokyo selaras dengan standar keamanan global. Hasil tinjauan IAEA ini juga dihormati oleh Korea Selatan.

Namun China masih mengkritik keputusan tersebut. Bahkan China mengatakan akan memperketat kontrol impor pada makanan Jepang demi menghindari risiko air terkontaminasi nuklir.

Pemerintah Jepang dan Tokyo Electric Power Company Holdings Inc., operator PLTN Fukushima, bertujuan untuk mulai melepaskan air ke laut sekitar musim panas setelah mengalami pemrosesan untuk menghilangkan sebagian besar radionuklida kecuali tritium. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA