Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Panggilan Telepon, AS Minta Jurnalis yang Ditangkap di Rusia Dibebaskan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 03 April 2023, 21:15 WIB
Lewat Panggilan Telepon, AS Minta Jurnalis yang Ditangkap di Rusia Dibebaskan
Jurnalis Wall Street Journal, Evan Gershkovich/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mendesak pembebasan jurnalis dari Wall Street Journal (WSJ) yang ditahan oleh otoritas Rusia pada pekan lalu, karena terkait spionase.

Melalui panggilan telepon yang jarang terjadi, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken menyerukan pembebasan Evan Gershkovich kepada timpalannya, Sergei Lavrov pada Minggu (2/4).

Dimuat BBC, Senin (3/4), Departemen Luar Negeri AS yang merilis percakapan tersebut mengatakan bahwa Blinken menyatakan keprihatinan besar atas penangkapan warga negaranya itu.

Menanggapi hal tersebut, Lavrov melarang AS melakukan politisasi penangkapan itu, karena Gershkovich terbukti melakukan kegiatan mata-mata untuk negaranya.

"Gershkovich tertangkap basah berusaha mendapatkan informasi rahasia dan bahwa kasusnya akan ditangani oleh pengadilan Rusia," kata Lavrov, dalam pernyataan Kementerian Rusia.

Tuduhan tersebut telah dibantah oleh media WSJ, dengan mengatakan bahwa jurnalisnya tidak melakukan spionase.

Di samping itu, penangkapan tersebut juga telah dikecam keras oleh wartawan di seluruh dunia, dengan mengirim surat kepada Duta Besar Rusia untuk AS, Anatoly Antenov.

"Penangkapan Gershkovich tidak beralasan dan tidak adil, pemerintah Rusia jelas memperlihatkan sikap anti-persnya," kata Komite Perlindungan Wartawan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA