Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Roket Generasi Baru Buatan Jepang Gagal Meluncur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 17 Februari 2023, 18:49 WIB
Roket Generasi Baru Buatan Jepang Gagal Meluncur
Asap putih mengepul dari mesin utama roket H3, saat gagal meluncur di Tanegashima Space Center, Jepang pada Jumat, 17 Febuari 2023/Net
rmol news logo Roket generasi baru yang dikembangkan oleh Jepang, H3, gagal meluncur. Alih-alih asap putih keluar dari mesin ketika mesin dinyalakan.

Upaya peluncuran dilakukan di pusat ruang angkasa Tanegashima di barat daya Jepang oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) pada Jumat pagi (17/2) waktu setempat.

H3 sendiri dikembangkan oleh JAXA sebagai penerus dari model H-IIA.

"Tampaknya kami gagal menyalakan dua mesin pendorong roket, setelah (sempat) berhasil menyalakan mesin cair utamanya," kata jurubicara JAXA, Nobuyoshi Fujimoto, yang dimuat Al Arabiya.

Tayangan video memperlihatkan roket berhasil dinyalakan dan keluar asap putih dari mesin. Namun roket tidak bergerak dari landasan ketika aba-aba hitungan mundur berhenti.

Saat ini, menurut Fujimoto, penyebab kegagalan dalam peluncuran akan segera diselidiki oleh pihak agensi, mengingat insiden tersebut bukan yang pertama kalinya dialami oleh JAXA.

Pada Oktober lalu, roket bernama Epsilon juga gagal meluncur ke ruang angkasa, yang membuat badan tersebut terpaksa memerintahkan penghancuran roket di udara, setelah terdeteksi adanya masalah.

Sejauh ini, Jepang gencar berupaya membangun roket H3, yang dapat meningkatkan akses independennya ke luar angkasa.

Pembangunan roket ini juga dikembangkan oleh Jepang untuk meningkatkan peluangnya dalam merebut pangsa pasar pesawat ruang angkasa dari para pesaingnya, termasuk SpaceX milik Elon Musk.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA