Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spanyol Tawari Ratusan Mantan Tahanan Politik Nikaragua Kewarganegaraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 11:13 WIB
Spanyol Tawari Ratusan Mantan Tahanan Politik Nikaragua Kewarganegaraan
Tahanan politik Nikaragua yang dibebaskan dan dipindahkan ke Washington, Amerika Serikat/AP
rmol news logo Spanyol menawarkan kewarganegaraan kepada ratusan tahanan politik Nikaragua yang dibebaskan dan dicabut status hukumnya sebagai warga negara pada Jumat (10/2).

Pengumuman itu diumumkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albarez kepada outlet berita Servimedia.

Menurut Albarez, keputusan tersebut dibuat oleh pemerintahannya setelah mereka mendengar laporan adanya 222 mantan tahanan politik yang saat ini tidak memiliki kewarganegaraan.

Sebagai bentuk kepedulian, mereka akan menawarkan para mantan tahanan yang saat ini berada di Amerika Serikat (AS) dengan menggunakan visa kemanusiaan sementara.

"Pihak berwenang Spanyol akan menghubungi para tahanan untuk mengundang mereka secara resmi mengajukan permohonan kewarganegaraan," ujar kementerian.

Dimuat Al Jazeera pada Sabtu (11/2), tahanan yang dibebaskan itu terdiri dari para pemimpin oposisi, wartawan dan tokoh agama yang terang-terangan menentang kepemimpinan Presiden Daniel Ortega, yang dianggap telah mendalangi kampanye kekerasan untuk membungkam para pengkritiknya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA