Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gagal Kunjungi Taiwan, Dubes AS Telepon Presiden Tsai Ing-wen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Januari 2021, 13:47 WIB
Gagal Kunjungi Taiwan, Dubes AS Telepon Presiden Tsai Ing-wen
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo Meski gagal mengunjungi Taiwan, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kelly Craft melakukan panggilan telepon dengan Presiden Tsai Ing-wen.

Dalam panggilan teleponnya dengan Tsai, Craft mengatakan bahwa AS akan selalu mendukung Taiwan. Ia bahkan memuji bagaimana Taiwan adalah model yang baik untuk penanganan Covid-19.

Hal itu diungkap oleh Craft dalam unggahan di akun Twitter-nya pada Rabu (13/1), seperti dikutip Reuters. Ia menyebut suatu kehormatan besar baginya untuk berbicara dengan Tsai.

"Kami membahas banyak, Taiwan adalah model bagi dunia, seperti yang ditunjukkan oleh keberhasilannya dalam memerangi Covid-19 dan semua yang ditawarkan Taiwan di bidang kesehatan, teknologi, dan sains mutakhir," ujar Craft.

"Sayangnya Taiwan tidak dapat membagikan keberhasilan tersebut di tempat-tempat PBB, termasuk Majelis Kesehatan Dunia, sebagai akibat dari hambatan RRC," tambah Craft, merujuk pada Republik Rakyat China.

"Saya menjelaskan kepada Presiden Tsai bahwa AS berdiri bersama Taiwan dan akan selalu, sebagai teman dan mitra, berdiri bahu membahu sebagai pilar demokrasi," imbuhnya.

Penggilan telepon dengan Tsai dilakukan setelah Departemen Luar Negeri AS mengumumkan kunjungan Craft ke Taiwan dibatalkan karena dilakukan menjelang transisi pemerintahan Joe Biden.

Kunjungan Craft akan menjadi sangat simbolis karena Taiwan bukan anggota PBB karena keberatan China. Beijing mengatakan hanya mereka yang memiliki hak untuk berbicara untuk Taiwan di panggung internasional.

Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan Tsai dan Craft telah membahas partisipasi internasional Taiwan, hubungan Taiwan-AS, dan masa depan demokrasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA