Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Prihatin, Banyak Anak di Bawah Umur jadi Pelaku Kejahatan Jalanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 16 Februari 2023, 21:32 WIB
Polisi Prihatin, Banyak Anak di Bawah Umur jadi Pelaku Kejahatan Jalanan
Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi/RMOL
rmol news logo Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi prihatin lantaran banyak anak di bawah umur yang menjadi pelaku tindak pidana kejahatanan jalanan.

"Ternyata sebagian dari pada pelaku-pelaku ini kita temukan ini cukup kita prihatin ya. Banyak anak di bawah umur," kata Hengki di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (16/2).

Pelaku yang masih anak di bawah umur dan ditangkap lantaran aksi kejahatan ini, kata Hengki langsung ditangani dengan khusus yaitu berbeda dari mereka pelaku kejahatan orang dewasa.

“Perlakuannya berbeda, ditahan cuma 7 hari, perpanjang sekian hari, divonis juga tidak bisa maksimal," beber Hengki.

Namun karena penanganan khusus ini, sisi yang tidak baiknya rata-rata pelaku mengulangi tindak pidana yang sama, salah satunya terlibat geng motor.

Ke depan, Polda Metro Jaya pun akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menemukan cara yang jitu dalam menangani persoalan ini.

"Kami akan berkoordinasi, melaksanakan focus group discusion, bersama dengan stakeholder terkait untuk anak-anak ini agar tidak terjadi, menjadi pelaku kejahatan yang Sifatnya berulang. Karena mereka tidak bisa mendapatkan efek jera," tegas Hengki.

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya bersama Polres jajaran sebelumnya mengamankan 296 orang tersangka dalan 30 hari operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) yang digelar pada 17 Januari 2023-15 Februari 2023.

Ratusan tersangka yang diamankan merupakan pelaku tindak pidana jalanan seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dan pemberatan (curat) serta. pencurian dan kekerasan (curas). Sebanyak 10 orang diantaranya adalah anak-anak di bawah umur. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA