Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri Komitmen Kawal Pembangunan Papua Meski Diganggu KKB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 07 Juni 2021, 17:25 WIB
Polri Komitmen Kawal Pembangunan Papua Meski Diganggu KKB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat memberikan keterangan pers/Net
rmol news logo Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menegaskan bahwa Polri bersama dengan TNI berkomitmen terus mengawal pembangunan Papua yang hingga saat ini dilakukan oleh pemerintah, meskipun resikonya kerap diganggu oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB.

"Papua adalah NKRI dan itu sudah final. Sekarang pembangunan di Papua terus berjalan ada pihak-pihak teroris KKB ini yang senantiasa mengganggu daripada pembangunan yang dilaksanakan di Papua. Meskipun diganggu, pembangunan di Papua harus tetap berjalan, TNI dan Polri akan bekerja secara optimal bagaimana mengamankan daripada Papua itu sendiri," tekan Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (7/6).

Polri, sambung Rusdi, selain mengawal jalannya pembangunan di Papua, juga turut mensosoalisasikan manfaat pembangunan bagi warga Papua.  

Sejauh ini, beberapa pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah yakni beberapa pembangunan jembatan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI dan Papua Nugini, Bandara, Pelabuhan dan Pasar.

Sedangkan pembangunan infrastruktur lainnya yang akan dilanjutkan yakni Jalan Trans Papua yang menghubungkan Papua Barat dan Papua, membentang dari Sorong hingga Merauke dengan panjang 4.330,07 KM.

Kemudian pembangunan Palapa Ring yang menjangkau 51 Kabupaten/Kota, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG), Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro, pembangunan jalan perbatasan RI-Papua Nugini, Pembangunan Stadion Lukas Enembe dan lainnya.

Selain itu, upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk membangun SDM unggul Papua yakni dari segi ekonomi dilakukan pendampingan terhadap UMKM, pengembangan masyarakat berbasis desa, pembangunan bibit babi unggul melalui inseminasi buatan.

Dari segi pendidikan, pemerintah membangun rumah untuk guru, asrama untuk pelajar dan mahasiswa serta memberikan bantuan rehabilitasi infrastruktur sekolah. Sementara dari segi kesehatan, membangun gedung poliklinik di RSUD Jayapura, program pengobatan gratis dan pelayanan pengendalian penyakit malaria.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA