Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bisa Jadi Senjata Politik, PKS Ingatkan Mentan SYL Fokus Pada Kedaulatan Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 21 Februari 2021, 22:29 WIB
Bisa Jadi Senjata Politik, PKS Ingatkan Mentan SYL Fokus Pada Kedaulatan Pangan
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu
rmol news logo Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, menekankan pentingnya konsep kedaulatan pangan saat membahas kenaikan harga daging sapi di pasaran dalam webinar bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Syaikhu menilai, terkait dengan ketahanan pangan, yang terpenting adalah realisasi, bukan hanya soal ketahanan pangan, tetapi juga pada konsep kedaulatan pangan itu sendiri.

"Konsep kedaulatan pangan lebih kepada kemandirian, kesinambungan, pertahanan dan keamanan,” ucap Syaikhu, Minggu (21/2).

Sementara ketahanan pangan, lebih fokus pada ketersediaan (availability), keterjangkauan (affordability),dan aksesibilitas (accessibility).

Syaikhu juga membahas pangan (sector strategis) yang dimensi bukan hanya dilihat dari aspek pertanian, kesehatan, atau ekonomi. Namun, pangan juga bagian dari dimensi ketahanan national (national resiliency).

"Pangan bisa menjadi instrumen diplomasi, dan senjata politik untuk menekan kepentingan dan kedaulatan suatu negara," katanya.

Ketergantungan pangan yang tinggi, lanjut Syaikhu, akan semakin melemahkan ketahanan Indonesia sebagai bangsa.

Risikonya juga bukan hanya soal ekonomi. Sebab, dengan kenaikan harga inflasi juga akan berdampak pada stabilitas politik, hingga keamanan national.

"Oleh karena itu, saya perintahkan DPP dan Fraksi PKS di DPR RI dan MPR RI untuk mengawal agenda kedaulatan pangan. Sebagai salah satu agenda strategis dan prioritas yang harus diperjuangkan,” tegasnya.

Pihaknya kembali menekankan, bahwa ketahanan pangan memang baik, tetapi tidak cukup.

“Good is the enemy of great. Kalau kita hanya merasa cukup dengan ketahanan pangan, maka kita tidak akan pernah menjadi bangsa yang berdaulat secara pangan,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA