Musim Banjir Kembali Tiba

Ilustrasi banjir/Ist

MUSIM musibah banjir kembali tiba merundung persada Nusantara. Kalimantan Selatan terlanda musibah banjir. Demikian pula Kota Malang bernasib malang. Sama halnya dengan Semarang. Sementara Jakarta kembali siaga banjir.

Dunia

Sebenarnya musibah banjir bukan langganan Indonesia, namun juga terjadi di sepanjang sungai Mekong yang bermata air di Tibet dan bermuara di Vietnam melintasi China, Myanmar, Kamboja, Thailand, Laos.

Seluruh kotaKBangkok sempat mati suri akibat kebanjiran dalam waktu berkepanjangan. Sama halnya dengan New Orleans maupun New York.
Pada Juli 2020 malapetaka banjir menenggelamkan kawasan Zhenjiang Provinsi Jiangshu. Secara lahir-batin saya pernah mengalami ketinggalan pesawat terbang di Bandara Singapura akibat bermalam di sebuah hotel di Orchard Road yang tenggelam akibat bencana banjir melanda Singapura. Memang musibah banjir bukan cuma terjadi di Jakarta.

Tradisi


Sudah menjadi semacam tradisi bahwa musibah banjir dianggap kegagalan, bukan walikota tetapi gubernur daerah yang kebanjiran. Maka muncul pameo “Salah Anies!”.

Akibat tradisi cari kambing-hitam banjir maka ketika Kota Semarang kebanjiran, Walikota Semarang tidak berkomentar. Namun Gubernur Jawa Tengah mengimbau agar banjir jangan dipolitisir.

Di kota Jakarta sudah mengaprah bahwa penyebab banjir adalah rakyat miskin bermukim di bantaran Kali Ciliwung yang dituduh membuang sampah secara sembarangan.

Sementara penyebab utama banjir bukan cuma sampah yang dibuang bukan oleh rakyat miskin, namun juga sampah yang dibuang masyarakat tidak miskin dan para perusahaan besar.

Penyebab banjir merupakan satu dari sekian banyak alasan yang sengaja dibuat sebagai pembenaran penggusuran rakyat miskin.

Jangan Saling Menyalahkan


Fakta membuktikan bahwa banjir bukan hanya terjadi di Jakarta dan Indonesia, pada hakikatnya menyadarkan kita semua bahwa banjir bisa terjadi di seluruh pelosok planet bumi.

Memang banjir bisa terjadi akibat perilaku manusia tidak ramah lingkungan, namun pada saat banjir terjadi sebaiknya manusia tidak saling menyalahkan.

Jika banjir dijadikan alat pengukur kinerja kepala daerah dan kepala negara maka tidak ada satu pun kepala daerah dan kepala negara layak bertahan sebagai kepala daerah dan kepala negara.
Semua wajib ikhlas di-impeached atau sukarela mengundurkan diri seperti kelaziman di Jepang, namun tidak lazim di Indonesia.

Saling Menolong

Alih-alih saling menyalahkan ketika musibah banjir terjadi adalah lebih baik apabila manusia saling menolong meringankan beban derita sesama manusia yang terlanda banjir.

Para warga bantaran Kali Ciliwung yang pelanggan banjir pada saat kebanjiran malah berupaya menolong warga yang kebanjiran. Laskar kemanusiaan PMI dan Budha Tzu Chi senantiasa siap-siaga menolong para korban banjir.

Kebetulan Imlek di Indonesia bukan menyambut musim semi namun  musim hujan yang potensial mendatangkan musim banjir.

Alangkah indahnya apabila pada musim banjir, masyarakat Indonesia berkenan merayakan Imlek bukan hanya dengan pesta-pora dalam suasana riang-gembira, namun juga dalam suasana fastabiqul khoirot. Berlomba berbuat baik terhadap sesama manusia sebagai upaya mengurangi beban derita para korban banjir.
EDITOR: AGUS DWI

Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Prihatin Derita Para Sahabat
Jaya Suprana

Prihatin Derita Para Sahabat

06 Maret 2021 10:25
Legowo Menerima Kritik
Jaya Suprana

Legowo Menerima Kritik

05 Maret 2021 10:52
Memohon Kemanusiaan Untuk Masyarakat Adat
Jaya Suprana

Memohon Kemanusiaan Untuk Ma..

03 Maret 2021 16:44
Teka Teki Masa Corona
Jaya Suprana

Teka Teki Masa Corona

28 Februari 2021 23:16
Ujian Pertama Presisi, Polri Harus Hukum Berat Oknum Penjual Senjata Ke KKB Papua
Jaya Suprana

Ujian Pertama Presisi, Polri..

27 Februari 2021 03:21
Belajar Mikul Duwur Mendhem Jero
Jaya Suprana

Belajar Mikul Duwur Mendhem ..

26 Februari 2021 11:18
Asyik Beternak Lalat Serdadu Hitam
Jaya Suprana

Asyik Beternak Lalat Serdadu..

25 Februari 2021 09:34
Perjalanan Panjang Theorem Fermat
Jaya Suprana

Perjalanan Panjang Theorem F..

24 Februari 2021 10:47