Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muhammadiyah Tegas Mendukung Pelaksanaan Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 14 Januari 2021, 09:45 WIB
Muhammadiyah Tegas Mendukung Pelaksanaan Vaksinasi
Bendera Muhammadiyah/Net
rmol news logo Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tegas mendukung pelaksanaan vaksinasi sebagai bagian dari upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dukungan diberikan setelah semua kaidah keamanan, keefektifan, dan kehalalan vaksin terpenuhi sesuai standar BPOM dan MUI. Bagi Muhammadiyah, vaksin hanyalah salah satu cara dalam penanganan pandemi, bukan satu-satunya solusi dalam mengakhiri pandemi.

Hanya saja, melalui sebuah pernyataan tertulis yang diteken Ketua Muhammadiyah Agus Taufiqurrohman dan Sekretaris, Agung Danarto, Muhammadiyah memberi sejumlah catatan.

Pertama, Muhammadiyah mendukung independensi dan transparansi BPOM dalam penentuan keamanan dan tes netralisasi vaksin.

Muhammadiyah juga mendukung independensi MUI menjalankan perannya dalam penentuan kehalalan vaksin dan siap menjadi bagian dari proses tersebut.

“Penanganan pandemi tidak semata-mata diselesaikan dengan vaksin. Oleh sebab itu, pemerintah perlu menerapkan strategi komunikasi, edukasi, dan kampanye terkait fungsi vaksin secara tepat. Pemerintah harus memastikan proses monitoring dan evaluasi pascavaksinasi,” tulis catatan tersebut.

Di sisi lain, Muhammadiyah dengan infrastruktur kesehatan yang dimiliki akan bersama-sama menyukseskan program vaksinasi untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Kepada masyarakat, meskipun telah dilakukan vaksinasi, agar tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap ketat dalam penegakan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) dan 3T (Testing, Tracing, Treatment),” demikian pernyataan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA