Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Pertama Jadi Pahlawan Nasional, Teringat Motto Bareskrim "To Serve And Protect For Justice And Humanity"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/mega-simarmata-1'>MEGA SIMARMATA</a>
LAPORAN: MEGA SIMARMATA
  • Selasa, 10 November 2020, 14:39 WIB
Kapolri Pertama Jadi Pahlawan Nasional, Teringat Motto Bareskrim "<i>To Serve And Protect For Justice And Humanity</i>"
Jenderal Polisi RS Soekanto Tjokrodiatmodjo/Ist
rmol news logo Di hari Pahlawan yang jatuh pada hari Selasa 10 November ini, 1 diantara 6 tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo adalah Kepala Kepolisian Indonesia yang pertama yaitu Jenderal RS Soekanto Tjokrodiatmodjo, yang merupakan Kapolri pertama.

Polri mengatakan Jenderal RS Soekanto dengan gagasannya membentuk struktur serta watak dasar Polri.

"Polri beserta keluarga besar merasa bangga akan dianugerahinya Jenderal polisi RS Soekanto menjadi Pahlawan Nasional. Jenderal Polisi RS Soekanto Tjokrodiatmodjo, Bapak Kepolisian Negara RI, sebagai peletak dasar struktur, watak, falsafah Kepolisian Negara Republik Indonesia," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Selasa (10/11).

Dan jika mengenang Kapolri yang pertama ini, salah satu yang nyata adalah prasasti yang beliau tanda-tangani saat meresmikan Gedung (lama) Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri.

Prasasti dengan tanda tangan asli Bapak Jenderal RS Soekanto terpampang di lobi depan gedung lama Bareskrim hingga tahun 2016.

Waktu itu, setiap wartawan yang datang meliput ke Bareskrim Polri, selalu duduk di tangga lobi Bareskrim. Dan mau tak mau, akan melihat tanda tangan asli Kapolri yang pertama ini.

Namun akhirnya, gedung bersejarah itu harus dirobohkan, karena akan dibangun kembali untuk dipakai oleh jajaran Bareskrim Polri.

Pembangunannya memerlukan waktu sekitar 2 tahun.

Bayangkan, gedung lama yang diresmikan Bapak Jenderal RS Soekanto untuk menjadi kantor Bareskrim itu sudah berusia 71 tahun pada tahun 2016 silam.

Kini, gedung baru Bareskrim yang sangat megah sudah dioperasikan sejak hampir 2 tahun terakhir.

Bapak Jenderal RS Soekanto pasti ikut bangga dan bahagia, bila generasi penerusnya saat ini di Kepolisian Indonesia dapat terus bekerja secara profesional, loyal dan berintegritas.

Terutama untuk jajaran Bareskrim, walau kini sudah tidak menempati gedung tua yang diresmikan oleh Kapolri yang pertama ini, semoga kinerja jajaran Bareskrim dapat lebih dan lebih berprestasi lagi.

Sesuai motto kerja reserse yang terpajang di atas prasasti yang ditanda-tangani Jenderal RS Soekanto di gedung lama Bareskrim dulu :

"To Serve and protect for justice and humanity".

Selamat Hari Pahlawan Nasional!rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA