Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua MPR: Selamat Hari Bhayangkara, Pendekatan Humanis Polri Telah Berbuah Manis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 01 Juli 2020, 12:16 WIB
Ketua MPR: Selamat Hari Bhayangkara, Pendekatan Humanis Polri Telah Berbuah Manis
Ketua MPR Bambang Soesatyo/Net
rmol news logo Pendekatan Polri yang humanis dan selalu mengedepankan langkah persuasif dalam memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat berbuah manis. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari tingginya tingkat kepuasan publik dari beberapa lembaga survei.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengatakan bahwa hasil survei lembaga Indikator pada 16 hingga 18 Mei 2020 telah memperlihatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri cukup tinggi, yakni 79,4 persen.

“Begitupun dengan jajak pendapat Litbang Kompas pada 23 hingga 25 Juni 2020 yang memperlihatkan citra kepolisian di mata rakyat masih baik, yakni sekitar 62,1 persen,” kata Bamsoet kepada wartwan, Rabu (1/7).

Mantan Ketua DPR ini menekankan pentingnya personel Polri untuk selalu mengedepankan pendekatan  humanis daripada kekuatan senjata dalam mengayomi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pendekatan humanisme bukan berarti membuat Polri menjadi lemah, melainkan akan membuat Polri dan rakyat semakin dekat. Dengan demikian rakyat bukan sekadar takut dengan aparat kepolisian, melainkan segan dan bangga.

"Selamat Hari Bhayangkara ke-74, semoga Polri semakin dicintai rakyat dan profesional," ungkapnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, tingkat kepuasan publik kepada Polri meningkat peningkatan dari tahun ke tahun. Bukti konkretnya tertuang dalam hasil survei Litbang Kompas selama 2014-2019 menunjukkan kenaikan signifikan dari tahun ke tahun.

Setidaknya, pada tahun 2014 kepuasaan publik sebesar 46,7 persen, lalu 2015 bertambah 51,2 persen. Setahun berselang atau 2016 meningat menjadi 63,2 persen.

Kemudian, tahun 2017 juga meningkat menjadi 70,2 persen lalu naik menjadi 82,9 persen pada Juni 2018. Sementara itu, pada akhir 2018, survei Mark Plus menunjukkan tingkat kepuasan pada Polri berada di angka 74,46 persen.

Menurut Argo, Polri menyadari masih belum sempurna. Namun, segala kekurangan dan masukan dari masyarakat akan terus dijadikan bahan evaluasi, agar polisi semakin mendapatkan kepercayaan.

"Dengan tantangan yang makin kompleks, saat ini tak ada pilihan bagi Polri selain harus semakin responsif dalam melayani masyarakat, lebih terbuka, transparan, dan tampil lebih muda, dan humanis,” ujarnya.

“Kapolri Idham Azis sudah memulai dengan mengarahkan seluruh anggotanya untuk bersama-sama membangun institusi Polri yang makin berdaya dan profesional," pungkas Argo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA