Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolda NTB Ubah Rakit Dari Gabus Jadi Perahu Kayu Untuk Anak SD Di Lombok Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 30 Juni 2020, 16:18 WIB
Kapolda NTB Ubah Rakit Dari Gabus Jadi Perahu Kayu Untuk Anak SD Di Lombok Timur
Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Mohammad Iqbal serahkan perahu untuk siswa SD/Net
rmol news logo Hari Bhayangkara diisi oleh Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Mohammad Iqbal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mantan Kadiv Humas Polri itu menyulap rakit terbuat dari gabus atau streofoam yang biasa digunakan oleh siswa SD Negeri 5 Pemongkong, Lombok Timur untuk pergi kesekolahnya menjadi sebuah perahu yang layak.

Iqbal mengatakan, kegiatan ini didasari atas keprihatinan melihat keamanan dan kenyamanan anak-anak SD berlayar menyebrangi laut walau hanya berjarak 250 meter.

Mereka hanya memakai rakit dari gabus berukuran 2x2 meter saat berangkat dan pulang dari sekolah.

“Menyebrangi lautan yang jarak tempuhnya sekitar 250 meter dengan kedalaman saat pasang tertinggi bisa sampai 10 meter,” kata Iqbal kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/6).

Anak-anak SD itu, kata Iqbal, terpaksa berlayar dengan penuh resiko dari rumah mereka di dusun Gili Rei, Desa Pare Mas, Kecamatan Jero Waru,
ke sekolah yang berada di seberang pulau hanya demi menggapai cita-cita dengan mengikuti pendidikan di sekolahnya.

Untuk itu, Iqbal memerintahkan jajaran Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB melalui program bedah kapal untuk membuatkan kapal yang layak bagi mereka meraih cita-cita masa depan.

“Kami membuat perahu, kemudian perahu tersebut diberikan kepada anak sekolah SDN 5 Pemongkong sebagai sarana transportasi air dan
pengganti rakit gabus yang digunakan mereka selama ini untuk pergi dan pulang kesekolahnya,” jelasnya.

Mantan Wakapolda Jawa Timur ini mengungkapkan bahwa Hari Bhayangkara ke-74 akan dijadikan sebagai momentum untuk mengingatkan kembali bahwa Polri merupakan abdi negara yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pengayom, pelayan dan pelindung masyarakat.

“Sesuai arahan Bapak Kapolri (Jenderal Idham Azis) bahwa Polri harus hadir di tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun, pemberian ini sebagai wujud dan bukti kami ada di tengah masyarakat terlebih dimasa pandemi Covid-19 ini,” demikian Iqbal.

Selain menyulap rakit menjadi kapal motor, jajaran Polda NTB juga memberikan bantuan berupa paket peralatan sekolah dan sembako bagi masyarakat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA