Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maksimalkan Peran Santri, Kapolres Majalengka Rintis Pesantren Tangguh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 13 Juni 2020, 00:58 WIB
Maksimalkan Peran Santri, Kapolres Majalengka Rintis Pesantren Tangguh
Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso saat menyambangi Pondok Pesantren Shobarul Yaqien/Net
rmol news logo Jawa Barat memiliki akar historis sebagai wilayah religius. Obyek wisata religi dan pondok pesantren yang terdapat hingga ke pelosok desa di provinsi ini cukup menjadi bukti.

Atas dasar itu, Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso terinspirasi untuk merintis berdirinya Pesantren Tangguh Jawa Barat.

Di mulai dari Majalengka, AKBP Bismo menyambangi Pondok Pesantren Shobarul Yaqien di Desa Kawunggirang Kecamatan Majalengka, Jumat (12/6).

“Pertama, tentunya kami ingin menjalin silaturahmi dan membangun solidaritas antara Polri dan pondok pesantren yang selama ini hubungannya sudah baik akan terjalin lebih erat lagi,” kata Bismo dalam keteranganya.

Lebih dari itu, kata dia, Indonesia sedang menghadapi pandemik Covid-19 dan tengah mempersiapkan fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal.

“Dalam fase ini salah satunya kita perlu memperkuat ketahanan pangan masyarakat,” paparnya.

Di lingkungan Polres dan Polsek, terang Bismo, pihaknya telah menyiapkan lumbung pangan melalui budidaya ikan lele dan sayuran kangkung dengan system hidroponik.

Dari jerih payah itu, Polres Majalengka telah melakukan panen dan hasilnya dibagikan kepada masyarakat. Kini pihaknya menyasar pondok pesantren.

“Hari ini kami lakukan sosialisasi ke Pondok Pesantren Shobarul Yaqien yang memliki produktifitas pupuk organik yang memberi manfaat bagi petani,” ujarnya.

Sebagai pelopor, dalam waktu dekat Polres Majalengka akan melakukan pencanangan Pesantren Tangguh sekaligus roadshow ke pesantren-pesantren untuk merealisasikannya.

“Sudah kami agendakan, dimulai dari ketahanan pangan dalam pesantren. Kami akan membagikan bibit ikan lele dan sayuran kangkung untuk dibudidayakan,” urainya.

Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, pihaknya juga akan mengajak pondok pesantren untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan.

“Memakai masker, menjaga jarak aman dan rajin cuci tangan. InsyaAllah kami juga akan siapkan bantuan untuk kelengkapan protokol kesehatan seperti masker dan tempat cuci tangan,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA