Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pamitan, Irjen Iqbal: Kadiv Humas Polri Karier Yang Menantang Sekaligus Membanggakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 08 Mei 2020, 12:14 WIB
Pamitan, Irjen Iqbal: Kadiv Humas Polri Karier Yang Menantang Sekaligus Membanggakan
Mohammad Iqbal saat pelantikan Polda NTB/Net
rmol news logo Setelah resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Idham Azis sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat pagi, Irjen Mohammad Iqbal resmi menanggalkan jabatan sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri.

"Perjalan karier di Humas Polri bagi saya adalah pengabdian yang asyik, enjoy, menantang tapi sekaligus bermakna dan membanggakan," kata Iqbal dalam pesan tertulisnya, Jumat (8/5).

Selama 1 tahun 5 bulan mengkomandoi Divisi Humas Polri, Iqbal mengaku senang lantaran dapat menghibur masyarakat melalui pemberitaan berita atupun video dan meme yang menarik.

"Kita juga dapat tampil di media untuk berikan informasi ke masyarakat. Strategis dan asyik bukan. Kita sering tampil di layar kaca untuk mewakili ratusan ribu personil Polri se-nusantara bahkan mewakili nama baik institusi. Ya tanpa berlebihan sosok Kadiv Humas Polri muncul sebagai salah satu public figure di negeri ini," urainya.

Namun, Iqbal menekankan, di sisi lain Humas Polri juga memiliki tugas untuk mewujudkan masyarakat agar terjamin rasa tentram damai dan adanya kepastian hukum dan menyampaikan bahwa polisi sangat dekat dengan masyarakat.

Iqbal berpesan, agar Humas Polri semakin kreatif dan menelurkan banyak ide serta gagasan dalam membuat program-program seperti yang telah dilakukan selama ini mulai dari membuat film layar lebar di bioskop dan mini series di TV tentang dinamika kehidupan polisi, menginisiasi program Polisiku di TV nasional untuk menampilkan postur dan sosok polisi penjamin keamanan dan pengayom masyarakat, menggelar event anugrah jurnalis, police movie festival, dan melakukan FGD.

"Prinsip, Humas Polri harus semasif mungkin membombardir berita dan tayangan positif ke masyarakat di media," pesan kunci Iqbal.

Humas Polri juga harus tampil sebagai spoke person atau jubir yang cerdas dan profesional sehingga informasi yang disampaikan clear, jelas dan tidak off side. Dengan begitu, masyarakat dan seluruh anggota Polri bangga dan respect bila menonton jurubicaranya tampil.

Iqbal mengingatkan, di tengah era digital yang memiliki efek domino ini melahirkan "keganasan" sosial media, untuk itu Humas Polri sebagai garda terdepan dalam pemeliharaan dan ketertiban masyarakat harus piawai handa dalam menganalisis dan mengelola media serta memanagenya.

"Harus piawai menaikan isu positif dan menekan isu negatif," ucapnya.

"Teruslah bekerja total untuk Polri dalam pengabdian pada masyarakat, bangsa dan negara. Dalam pandangan saya, yang paling mulia menjadi anggota Polri apabila kita ada di hati masyarakat, dipercaya masyarakat dan dicintai masyarakat," demikian Iqbal menutup pesannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA