Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Modernisasi Alsinta Ubah Wajah Pertanian Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 27 Juni 2019, 13:49 WIB
Modernisasi Alsinta Ubah Wajah Pertanian Indonesia
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman/Net
rmol news logo Visi kedepan yang cukup jauh adalah kebijakan yang sering dibuat oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Salah satunya program modernisasi pertanian melalui berbagai ragam bantuan alat mesin pertanian (Alsinta).

Amran mengatakan bahwa bantuan alat mesin pertanian menjadi salah satu jawaban terhadap tantangan di era industri 4.0. Di era yang makin maju dan serba milenial, modernisasi pertanian memang mutlak dilakukan untuk menjadikan Indonesia negara yang kuat berbasis pertanian.

"Program mekanisasi tidak hanya berperan nyata dalam meningkatkan produksi pangan. Tapi di sisi lain juga terbukti menjadi solusi dalam kelangkaan tenaga kerja pertanian," ujar Amran di Jakarta, Kamis (27/6).

Secara garis besar, lanjutnya, bantuan besar-besaran Alsintan pada 4 tahun terakhir telah mengubah wajah pertanian Indonesia menjadi lebih modern. Efek domino dari bantuan alsintan pun terjadi. Bukan hanya itu, produksi pangan pun disebut terdongkrak dan kesejahteraan petani pun terangkat.

"Modernisasi pertanian melalui mekanisasi merupakan solusi efisien menggantikan pola usaha manual," jelasnya.

Tak sekedar sekedar mendorong pendapatan petani, mekanisasi dinilai juga jadi jawaban untuk mengatasi berkurangnya tenaga kerja pertanian karena bermigrasi ke sektor industri dan jasa.

Seperti diketahui, jumlah terbanyak tenaga kerja pada sektor tanaman pangan adalah petani yang sudah berusia lebih kurang 60 tahun, kemudian disusul usia antara 40 hingga 45 tahun. Dampak nyata adanya kelangkaan dan usia lanjut tenaga petani untuk mendukung budidaya tanaman padi.

"Akibatnya kapasitas kerja tanam padi per satuan luas lahan menjadi rendah, biaya tanam pun menjadi mahal," ungkap Amran.

"Intinya, pertanian modern harus dapat menaikan pendapatan petani, menekan biaya produksi, juga meningkatkan kesejahteraan petani," pungkas Amran menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA