Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kopi Indonesia Tembus Pasar Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 15 Mei 2019, 12:46 WIB
Kopi Indonesia Tembus Pasar Dunia
Kopi Indonesia di Boston/Net
rmol news logo Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil menembus pasar dunia untuk perdagangan kopi spesial. Hal itu tercermin dalam rangkaian acara Global Coffee Specialty Expo yang digelar selama tiga hari di Boston, Amerika Serikat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Rangkaian ini membawa Indonesia mencapai transaksi sebesar 26,3 juta dolar AS khusus untuk kopi spesial," ujar Atase Pertanian Washington, Hari Edi Soekirno, Rabu (15/5).

Menurut Hari, ada 13 ribu pengunjung dari total 75 negara peserta mengikuti acara ini. Indonesia sendiri mengirimkan 7 perwakilan, yakni dari CV Gayo Mandiri, Santiang Exports, Meukat Komoditi Gayo, PTPN XII, Gayo Bedetak Nusantara, Upnormal Coffee Roastery, dan Tentera Coffee Roasters.

"Dalam kesempatan ini, Indonesia juga mengikuti kejuaraan World Brewers Championship dan World Barista Championship," katanya.

Untuk diketahui, World Brewers Championship adalah kompetisi bergengsi yang memamerkan kerajinan dan keterampilan menyaring kopi dengan tangan. Para kontestan datang dari seluruh dunia.

Sedangkan World Barista Championship adalah kejuaraan Barista Dunia yang diselenggarakan oleh acara kopi dunia setiap tahun.

"Di sana, Attani beserta staf juga hadir dan berkolaborasi dengan pihak Atdag, ITPC dan KJRI. Kami melakukan berbagai kegiatan promosi komoditas kopi spesial kepada publik Amerika dan internasional," katanya.

Hari menjelaskan, secara global seluruh rangkaian acara ini fokus pada kepedulian penggunaan moneter pada isu lingkungan hidup dan fair trade.

Dalam pembahasannya dikemukakan bahwa semua pihak perlu berinvestasi pada infrastruktur untuk menumbuhkan sektor ekonomi dalam sebuah negara.

"Inilah yang dinamakan tingkat investasi publik. Langkah ini tentu sangat membantu perekonomian masyarakat secara proporsional serta mampu meningkatkan kemampuan teknologi," katanya.

Kebutuhan investasi juga tetap harus dipenuhi secara baik tanpa merusak kesinambungan fiskal. Lebih dari itu, kata Hari, langkah ini diperlukan untuk meningkatkan tata kelola investasi infrastruktur dan nilai mata uang.

"Untuk itu, kami mengharapkan dukungan Kementan dan Bappenas dalam mengajukan proposal program FFPr (Food for Progress) senilai 10-12 juta dolar AS secara ontime melalui pihak ketiga baik NGO, universitas maupun  asosiasi terkait bidang hortikultura untuk diserahkan kepada USDA paling lambat 15 Mei 2019," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA