Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JELANG KONGRES PAN

23 DPD PAN Se-Sumut Pendukung Hatta Rajasa Ingin Pemilihan Langsung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 03 Januari 2015, 09:55 WIB
23 DPD PAN Se-Sumut Pendukung Hatta Rajasa Ingin Pemilihan Langsung
Hatta Rajasa
rmol news logo Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Kongres pada Maret mendatang di Bali. Mayoritas DPD PAN Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara ingin pemilihan ketua umum tersebut digelar secara langsung oleh peserta, bukan melalui formatur.

"Jangan sampai hak peserta dipasung. Apalagi PAN ini pelopor demokrasi. Itu yang berkembang dalam rapat. Tapi kalau soal Pak Amien Rais tetap jadi Ketua MPP tidak ada yang keberatan," jelas Bendahara DPW PAN Sumut, Usman Hasibuan, dalam keterangannya (Sabtu, 3/1).

Usman mengakui pada pada 27-28 Desember 2014 lalu DPW PAN menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) di Siantar yang juga dihadiri DPD Kabupaten/Kota. Meski sebenarnya, dalam AD/ART PAN tidak dikenal istilah Rapimwil.

"Namun karena mau menghadapi Rakernas, oleh Ketua DPW dibuat kebijakan untuk meminta input apa yang akan dibawa ke Rakernas. Diundang DPD-DPD," jelasnya. (Baca: Usul Perubahan Pemilihan Ketum, PAN Sumut Ingin Amien Rais Tetap Ketua MPP)

Dalam Rapimwil tersebut, pihak DPW menyiapkan draft perubahan sistem pemilihan ketua umum dari pemilihan langsung menjadi melalui sistem formatur. Namun tidak ada pengambil keputusan dalam Rapimwil, apakah setuju atau tidak dengan rekomendasi DPW PAN tersebut.

DPD-DPD tak keberatan karena itu hanya sekadar usulan, apalagi mereka tidak ingin hal itu menjadi silang sengkarut. "Namun rata-rata tidak setuju (dengan sistem formatur)," jelasnya.

Usman menambahkan, dalam Rapimwil tidak dibahas siapa calon yang akan didukung dalam Kongres Maret mendatang di Bali. Namun, mayoritas DPD sudah menyatakan akan mendukung Hatta Rajasa untuk kembali menjadi ketua umum.

Dukungan itu disampaikan dalam sebuah pertemuan yang diinisiasi Ketua DPD Kota Medan. Dalam pertemuan itu, hadir 23 dari 33 DPD se-Sumut. "Saya kebetulan hadir," imbuhnya.

Setidaknya ada dua alasan kenapa mereka ingin PAN tetap dipimpin mantan Menko Perekonomian tersebut. Pertama, suara PAN di bawah kepemimpinan Hatta Rajasa meningkat secara nasional.

Kedua, Hatta Rajasa dinilai akan fokus untuk membesarkan partai berlambang matahari biru itu. Karena saat ini, Hatta tidak lagi duduk di pemerintahan atau di lembaga negara lainnya. "Apalagi sekarang dia tidak lagi menjabat. Jadi Pak Hatta akan jauh lebih fokus lagi untuk memimpin PAN, kalau dia bersedia," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA