Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JELANG KONGRES PAN

Menguat, Giliran 8 DPD se-Bengkulu Mendukung Hatta Rajasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 02 Januari 2015, 16:00 WIB
Menguat, Giliran 8 DPD se-Bengkulu Mendukung Hatta Rajasa
hatta rajasa
rmol news logo Dorongan agar Hatta Rajasa kembali memimpin PAN terus disuarakan. Kini giliran 8 Ketua DPD PAN se-Provinsi Bengkulu secara tegas menyatakan dukungan dan tekad akan memperjuangkan Hatta Rajasa untuk jadi ketua umum lagi.

Pasalnya, di bawah kepemimpinan mantan Menko Perekonomian itu, PAN memiliki wibawa. Selain berhasil menaikkan suara, PAN cukup diperhitungkan di pentas politik nasional.

"Semua itu adalah hasil kerja keras Pak Hatta dan jajaran DPP yang ada saat ini," tegas Ketua DPD PAN Kota Bengkulu, yang didaulat menjadi juru bicara ke-8 DPD tersebut, Abdul Gani, dalam keterangannya (Jumat, 2/1).

Selain Ketua DPD PAN Kota Bengkulu, tujuh Ketua DPD lainnya yang sudah membulatkan tekad memenangkan Hatta Rajasa adalah ketua DPD Lebong (Sahirwanto), DPD Seluma (Lasmi Jaya), DPD Bengkulu Utara (Slamet Riyadi), DPD Kaur (Najamuddin), DPD Muko-muko (Ichwan Yunus), DPD Rejang Lebong (Jalaludin), dan DPD Kepahiang (Syaiful).

Artinya, dari 10 DPD, hanya 2 DPD yang belum menyatakan dukungan. Diharapkan, dalam waktu dekat kedua DPD itu pun akan segera bergabung.

Ke-8 DPD PAN tersebut tetap teguh mendukung Hatta Rajasa walaupun Ketua DPW PAN Bengkulu dipimpin Helmi Hasan. Helmi Hasa, Walikota Bengkulu, merupakan adik kandung Zulkifli Hasan, yang juga bakal maju dalam Kongres PAN Maret mendatang di Bali.  

Dengan demikian, menurut Gani, dukungan kepada Hatta itu menunjukkan bahwa DPD-DPD PAN di Bengkulu sangat objektif dalam memilih pemimpin. Pemimpin, tidak bisa dipilih hanya bermodalkan kekerabatan dan hubungan kekeluargaan. Karena PAN harus bisa membebaskan diri dari sikap-sikap primordial seperti itu.

"Kita berharap, di tingkat nasional pun seperti itu. Saatnya PAN menunjukkan identitas sebenarnya sebagai partai reformasi yang anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. Kalau kita masih berkutat dengan persoalan nepotisme, kapan lagi kita bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa ini," tegasnya.

Abdul Gani juga tidak mempersoalkan jika Yandri Susanto, putra Bengkulu yang saat ini menjabat Ketua BM PAN, mendukung Zulkifli Hasan. Karena dukungan Yandri, dinilai hanya didasarkan faktor kedekatan dengan mantan Menteri Kehutanan tersebut. Bahkan, kalau mau jujur dan objektif, Yandri pun diyakini akan memilih Hatta Rajasa.

"Agar lebih serius, dalam waktu dekat kami akan mendeklarasikan dukungan secara verbal kepada Pak Hatta. Ini dimaksudkan agar kami tidak ditarik-tarik lagi ke sana kemari. Apalagi, belakangan ini banyak sekali telepon yang mengajak kami beralih pilihan. Ini sudah final dan mengikat, Pak Hatta harus diperjuangkan untuk menjadi ketua umum lagi," pungkasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA