Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Pengunjuk Rasa Bentrok dengan Polisi di Rumania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 15 Januari 2012, 17:34 WIB
Ratusan Pengunjuk Rasa Bentrok dengan Polisi di Rumania
ilustrasi
RMOL. Belasan pengunjuk rasa yang memprotes kebijakan penghematan anggaran dan reformasi kesehatan, mengalami luka-luka setelah terlibat bentrokan dengan aparat keamanan.

Bentrokan terjadi saat ratusan warga Rumania yang turun ke jalan di Ibukota, melempari polisi dengan batu. Aksi ini kemudian dibalas langsung dengan tembakan gas air mata oleh aparat keamanan. Bentrokan tersebut menyebabkan belasan pengunjuk rasa, seorang juru kamera, dan empat anggota polisi terluka

"Seorang polisi menderita cedera kepala parah dan dirawat di rumah sakit. Dua polisi lainnya diizinkan meninggalkan rumah sakit setelah mendapat perawatan," kata jurubicara kepolisian, Georgian Enache, sebagaimana dikutip dari AFP (Minggu, 15/1).

Para demonstran memprotes langkah-langkah penghematan anggaran dan reformasi kesehatan yang dicanangkan pemerintah. Selain itu, mereka juga meminta Presiden Traian Basescu segera turun dari jabatannya.

Para pengunjuk rasa ini juga memberikan dukungan kepada Arafat yang mendirikan layanan medis darurat. Arafat yang merupakan seorang dokter asal Palestina yang sebelumnya telah mengundurkan diri dari jabatan deputi menteri kesehatan awal pekan lalu, karena berselisih dengan Presiden Basescu terkait kebijakan pemerintah yang memutuskan untuk menyerahkan sebagian layanan kesehatan kepada swasta.

Akibat aksi protes itu sekira 30 demonstran ditahan oleh polisi. Aksi protes terhadap program penghematan  dan reformasi kesehatan ini juga turut melanda beberapa kota lainnya di Rumania. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA