Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Pungli, DPR Minta KPK Rutin Sidak Rutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 16 Oktober 2024, 14:39 WIB
Cegah Pungli, DPR Minta KPK Rutin Sidak Rutan
Anggota DPR Fraksi PDIP, Gilang Dhielafararez/Dok: Parlementaria
rmol news logo KPK didesak untuk menggelar sidak rumah tahanan (rutan) secara rutin. Pasalnya, berdasarkan informasi yang diperoleh kerap terjadi pungutan liar (pungutan liar) di Rutan KPK.

Hal itu disampaikan Anggota DPR Fraksi PDIP, Gilang Dhielafararez dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu, 16 Oktober 2024. 

Menurut dia, sidak rutin itu diharapkan bisa mendorong upaya bersih-bersih di Rutan KPK. 

“Publikasi laporan rutin mengenai kondisi di rutan penting. Kemudian pengawasan ketat dalam pengelolaan fasilitas dan terhadap kinerja petugas rutan juga bisa menjadi langkah untuk mencegah penyimpangan terjadi,” ujar Gilang.
 
Lanjut dia, KPK juga perlu membeberkan informasi mengenai hak-hak tahanan dan peraturan di dalam rutan melalui kegiatan sosialisasi. Harapannya, para tahanan mengetahui peraturan-peraturan yang harus dipatuhi di rutan.
 
“Keterbukaan (dari sosialisasi peraturan rutan) ini akan membantu memastikan bahwa semua tahanan mendapatkan hak yang setara tanpa diskriminasi, dan tahanan tidak bisa menggunakan uang atau pengaruh untuk mendapatkan fasilitas istimewa,” jelasnya.

Secara keseluruhan, ia menekankan perlu menerapkan reformasi sistem pengelolaan rutan. Jika dibiarkan tanpa ditangani secara tegas, skandal pungli di rutan akan mencoreng penegak hukum sekaligus menurunkan kepercayaan publik. 

"Dari kasus ini kita tahu ternyata lembaga penegak hukum sekalipun tidak luput dari persoalan pelanggaran hukum,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA