Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dengarkan Suara Warga Jakarta, Jokowi Didorong Pilih Marullah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 13 September 2024, 01:12 WIB
Dengarkan Suara Warga Jakarta, Jokowi Didorong Pilih Marullah
Deputi Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, Marullah Matali/Ist
rmol news logo Jakarta Initiative mengusulkan Deputi Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, Marullah Matali menjadi Penjabat (Pj) Gubernur menggantikan Heru Budi Hartono.

Inisiator Jakarta Initiative, Adjie Rimbawan mengatakan, Presiden Joko Widodo sebagai pengambil kebijakan harus memahami keinginan mayoritas warga Betawi. 

"Harapan warga Jakarta agar Presiden pilih Marullah menjadi Pj Gubernur transisi sampai definitif gubernur terpilih dilantik begitu besar. Jangan abaikan suara rakyat," kata Adjie dalam keterangannya, Jumat (13/9).

Menurut Adjie, tidak ada alasan untuk memilih kembali Heru Budi yang sudah dua tahun menjabat. Karena hingga kini Heru masih rangkap jabatan sebagai Kasetpres. 

"Marullah sudah terbukti kinerjanya di pemerintahan DKI, beliau merupakan birokrat sejati. Banyak jabatan yang sudah diduduki Marullah," pungkas Adjie.

Jabatan Heru Budi Hartono akan berakhir pada 17 Oktober 2024, sehingga DPRD DKI harus kembali mengulang mekanisme pengusulan nama kepada Presiden Jokowi melalui Kemendagri.

Sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023, masa jabatan Pj Gubernur hanya setahun dan bisa diperpanjang setahun lagi.

Lantaran ini sudah memasuki tahun ketiga maka DPRD DKI Jakarta kembali mengulang mekanisme pemilihan.

Saat ini ada tiga nama yang santer dipilih sebagai Pj Gubernur DKI, yakni Heru Budi Hartono, Sekda Joko Agus Setyono dan Marullah Matali.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA