Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Serentak Rawan Keamanan, Mendagri Minta Pemda Maksimalkan Linmas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 28 Juni 2024, 20:56 WIB
Pilkada Serentak Rawan Keamanan, Mendagri Minta Pemda Maksimalkan Linmas
Mendagri Tito Karnavian/Ist
rmol news logo Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang baru pertama kali digelar secara serentak di seluruh wialyah Indonesia, diperkirakan rawan dari segi keamanan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian mengungkapkan, dirinya berharap Pilkada 2024 dapat berlangsung jujur, aman, adil, dan lancar, karena pelaksanaannya tergolong bersejarah karena berlangsung secara serentak.

"Tentu ini akan membawa tantangan baru, bukan hanya bagi teman-teman aparat keamanan yang biasanya menggunakan sistem back-up dari wilayah yang tidak ada Pilkada ke daerah yang ada Pilkada," ujar Tito dalam keterangan tertulis yang diperoleh RMOL, Jumat (28/6).

"Tapi juga pengalaman baru bagi penyelenggara (pemilu). (Untuk) KPU pengalaman baru, bagi Bawaslu dan (juga) lain-lain, termasuk bagi pemerintah,” sambungnya.

Karena itu, Mendagri berharap seluruh pihak dapat memperkuat kesiapan untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Termasuk menurutnya, memberikan dukungan terhadap Linmas.

Tito memandang, Linmas merupakan aparat tingkat terbawah yang penting didukung, lantaran menjadi satu-satunya petugas keamanan yang boleh secara hukum masuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), berbeda dengan TNI-Polri yang tidak boleh masuk TPS kecuali ada kejadian tertentu.

"Ini harus dibiayai semua. Melalui mana? Melalui dana di Kesbang (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik). Artinya kepala daerah, Sekda, Bappeda, dan BPKAD, itu harus mengalokasikan anggaran untuk Satpol PP dan Linmas di (Badan) Kesbang," katanya.

Di lain sisi, Mendagri juga mendorong Pemda untuk membantu menggencarkan sosialisasi tentang Pilkada yang aman, jujur, dan adil.

Hal itu termasuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar menggunakan hak pilih. rmol news logo article


EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA