Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PSU Pileg DPRD Gorontalo, KPU Jamin Keterwakilan Perempuan Dipenuhi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 28 Juni 2024, 17:44 WIB
PSU Pileg DPRD Gorontalo, KPU Jamin Keterwakilan Perempuan Dipenuhi
Anggota KPU Idham Holik/RMOL
rmol news logo Pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo, dijalankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sesuai yang diamanatkan Mahkamah Konstitusi (MK).

Anggota KPU Idham Holik menjelaskan, PSU di Gorontalo telah mengikuti putusan MK, yang intinya meminta keterwakilan perempuan di sejumlah partai politik (parpol) dapat dipenuhi sebanyak 30 persen.

"Pada hari Rabu, jam 22.45 WITA, Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Teknis telah memberitahu kepada saya bahwa 5 parpol telah melakukan perbaikan daftar calon untuk PSU tindak lanjut Putusan MK atas PHPU Pemilu Anggota DPRD Provinsi Dapil Gorontalo 6 sudah selesai," ujar Idham kepada wartawan, Jumat (28/6).

Selanjutnya mulai hari ini KPU Provinsi Gorontalo melakukan verifikasi administrasi data persyaratan caleg perempuan DPRD Gorontalo yang dimasukkan.

Untuk pelaksanaan verifikasi administrasi, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU itu memastikan petugas adhoc di masing-masing tingkatan selesai direkrut dan siap bekerja.

"Menurut informasi dari KPU Provinsi Gorontalo, semua badan adhoc sudah siap. Termasuk KPPS untuk PSU tindak lanjut Putusan MK," demikian Idham.

Tercatat jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang melakukan PSU sebanyak 863, jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 6.041 orang, serta pengamanan TPS 1.726 orang.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA