Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berbaju Timses Prabowo-Gibran di Acara Debat, Bawaslu: Mayor Teddy Ajudan Menhan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 19 Desember 2023, 16:51 WIB
Berbaju Timses Prabowo-Gibran di Acara Debat, Bawaslu: Mayor Teddy Ajudan Menhan
Potret Mayor TNI Teddy Indra berada di barisan pendukung Prabowo-Gibran sebagaimana viral di media sosial/Net
rmol news logo Status Mayor Teddy Indra Wijaya ketika hadir dalam debat pertama calon presiden (capres), dinilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak melanggar aturan apapun.

Pasalnya, Mayor Teddy Indra Wijaya adalah ajudan pribadi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan Teddy tetap berstatus ajudan Prabowo, meskipun memakai baju biru langit, seperti pakaian simpatisan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Sehingga kehadiran Mayor Teddy Indra Wijaya pada tim debat tanggal 12 Desember 2023 di KPU dengan kapasitas sebagai petugas pengamanan," ujar Bagja dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/12).

Anggota Bawaslu RI dua periode itu menegaskan, pihaknya mengacu pada Pasal 281 ayat (1) huruf a UU 7/2017 tentang Pemilu, yang mengecualikan tim pengamanan sebagai fasilitas negara yang dimanfaatkan dalam kegiatan pemilu.

"Bapak Prabowo Subianto saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, sehingga yang bersangkutan dilarang untuk menggunakan fasilitas dalam jabatan, kecuali fasilitas pengamanan bagi pejabat negara," tuturnya.

Oleh karena itu, kehadiran Teddy sebagai TNI aktif yang menggunakan atribut peserta pemilu tidak melanggar UU Pemilu.

"Yang jelas tidak boleh TNI itu ikut dalam tim kampanye atau pelaksanaan kampanye, kecuali dalam kapasitas pengamanan," demikian Bagja menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA