Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Solidaritas untuk Palestina, Guru Besar Fisip UI: Gerakan Boikot Tidak Efektif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 30 November 2023, 09:15 WIB
Solidaritas untuk Palestina, Guru Besar Fisip UI: Gerakan Boikot Tidak Efektif
Penyaluran donasi Keluarga Besar Departemen HI FISIP UI untuk Palestina yang diberikan melalui Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun/Ist
rmol news logo Gerakan mendukung Palestina bisa dilakukan Indonesia dengan berbagai cara. Mulai dari jalur diplomasi, penyaluran donasi, hingga bantuan material kepada rakyat Palestina.

Demikian beberapa hal yang mengemuka dalam diskusi Hari Internasional untuk Solidaritas Palestina yang digelar Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Indonesia, Rabu (29/11).

Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Fisip UI, Prof Evi Fitriani berujar, salah satu gerakan yang menjadi perhatian adalah gerakan boikot produk pro Israel.

Sebagai akademisi, ia menilai gerakan tersebut kurang tepat karena justru bisa merugikan banyak orang.

“Saya terus terang tidak mendukung boikot, dan kita sebagai akademisi seharusnya hati-hati. Gerakan ini tidak efektif karena justru orang-orang tidak bersalah bisa terkena," kata Prof Evi.

Hal senada disampaikan Dosen Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI, Broto Wardoyo. Menurutnya, sejauh ini belum ada kajian khusus terkait produk-produk terafiliasi Israel yang beredar di Indonesia.

Ia memandang, perlu ada penelusuran komprehensif terhadap merek-merek yang selama ini dianggap terafiliasi dengan Israel. Hal ini penting untuk menghindari pihak-pihak yang dapat menunggangi isu boikot demi kepentingan persaingan usaha.

“Ada banyak daftar produk yang beredar selama ini, namun tidak pernah ada kajian serius apakah benar produk tersebut terafiliasi dengan Israel atau tidak," jelas Broto.

Pada kegiatan diskusi tersebut, Keluarga Besar Departemen HI FISIP UI turut memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Dukungan tersebut diwujudkan dengan memberikan donasi senilai Rp 115 juta melalui Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun.

“Donasi yang dikirim tentu akan membantu Palestina, khususnya rakyat di Gaza. Apa pun yang kami terima, alhamdulillah, kami bangga dan berterima kasih atas donasi tersebut,” jelas Zuhair Al Shun. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA