Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Siap Gratiskan PBB Sekolah dan Kampus Swasta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 22 November 2023, 21:11 WIB
Anies Siap Gratiskan PBB Sekolah dan Kampus Swasta
Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan/Rep
rmol news logo Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan, menggagas Pajak Bumi Bangunan (PBB) gratis bagi sekolah dan kampus swasta, agar tak menjadi beban bagi pengelola pendidikan maupun peserta didik.

Tekad itu disampaikan Anies saat dialog terbuka PP Muhammadiyah bersama Calon Pemimpin Bangsa, di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo, Rabu (22/11).

"Ke depan, sekolah-sekolah swasta, universitas-universitas swasta, harus dibebaskan atas tanah mereka. Nol, pajak harus nol," tegasnya.

"Kenapa? Tanpa ada kampus swasta, tanpa ada sekolah swasta, kita nggak cukup tempat untuk menyekolahkan anak-anak Indonesia," sambung Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

Anies yang diusung Partai Nasdem, PKS dan PKB, itu melanjutkan, tanah negara yang dipakai swasta tidak akan hilang, ketimbang dipakai investor asing, karena dapat hilang kapan saja.

Sebab itu, mantan rektor Universitas Paramadina itu ingin negara hadir mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan perguruan swasta.

Tak hanya sekolah dan universitas, pasangan Muhaimin Iskandar itu menilai fasilitas sosial lain milik swasta, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, juga harus digratiskan dari PBB.

"Cara negara membayar balik adalah PBB gratis untuk sekolah, kampus, semua yang sifatnya sosial, termasuk rumah sakit yang sifatnya sosial, harus Rp0 PBB-nya," tandasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA