Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinilai Lebih Efisien, PKB Usul Subsidi Pupuk dalam Bentuk BLT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 31 Agustus 2023, 18:33 WIB
Dinilai Lebih Efisien, PKB Usul Subsidi Pupuk dalam Bentuk BLT
Rapat kerja Komisi XI DPR RI/RMOL
rmol news logo Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan subsidi pupuk dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT).

Hal ini disampaikan anggota Komisi XI DPR RI, Bertu Merlas, dalam rapat kerja bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wamenkeu Suahasil Nazara, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kepala OJK Mahendra Siregar, dan Gubernur BI Perry Warjiyo, di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (31/8).

Menurutnya, jika subsidi pupuk diberikan dalam bentuk barang akan menyebabkan penyelewengan. Oleh karena itu, dia mengusulkan agar subsidi pupuk dalam bentuk BLT.

"PKB usul subsidi pupuk diberikan dalam bentuk BLT, bukan dalam barang," ujar Bertu dalam rapat kerja bersama membahas asumsi RAPBN 2024 itu.

Dia mengatakan, subsidi pupuk selama ini dirasakan masyarakat kurang tepat sasaran.

"Bilamana subsidi ini efisien dan tepat sasaran, saya kira bisa lebih banyak sektor pertanian yang diberikan subsidi," jelasnya.

Dia menambahkan, subsidi pupuk tidak hanya bisa diberikan untuk beras padi saja, tapi pupuk untuk sektor tanaman lain juga diperlukan.

"Jika subsidi ini bisa lebih luas sektor yang diberikan subsidi, saya kira NTP (nilai tukar petani) akan menjadi lebih baik," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA