Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aburizal Bakrie: Pemimpin Adalah Nakhoda, Harus Siap Hadapi Pasang Surut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 28 Agustus 2023, 21:01 WIB
Aburizal Bakrie: Pemimpin Adalah Nakhoda, Harus Siap Hadapi Pasang Surut
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie/Ist
rmol news logo Pemimpin adalah nakhoda yang harus tahu akan dibawa ke mana kapal yang dia pimpin. Untuk itu, anak muda sebagai calon pemimpin Indonesia, harus senantiasa meningkatkan kapasitas diri.

Begitu dikatakan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie dalam Kuliah Umum tentang Leadership Lessons For Indonesia kepada peserta Executive Education Program For Young Political Leaders Angkatan ke-13, di Airlangga Classroom, DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (28/8).

“Pemimpin itu bisa dikatakan sebagai nakhoda kapal. Pemimpin harus mengalami keadaan pasang surut, keadaan di mana sudah tidak ada harapan, tetapi itu harus kita hadapi untuk mencapai tujuan,” ujar Ical, sapaan karibnya.

Ical yang pernah menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, mengaku banyak tantangan dan harus mengambil keputusan sulit, seperti menetapkan arah pembangunan nasional.

“Pembangunan nasional hanya berfokus pada ekonomi, tapi saya bilang tidak demikian. Teknologi harus menjadi arus utama bagi kita untuk membangun sebuah negara,” katanya.

Sebagai seorang politisi dan pengusaha, dia juga menceritakan titik tersulit dalam hidupnya, yaitu ketika ia mengalami kebangkrutan. Tetapi ia tidak pernah menyerah dan berusaha bangkit.

“Saya harus cari jalan lain agar saya bisa bangkit. Kegagalan adalah bagian daripada keberhasilan. Orang yang tidak pernah gagal adalah orang yang tidak pernah berhasil,” kenangnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA