Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Pasif Respon Beredarnya Video Gibran hingga Bobby Ajak Pilih Ganjar dan PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 28 Agustus 2023, 14:37 WIB
Bawaslu Pasif Respon Beredarnya Video Gibran hingga Bobby Ajak Pilih Ganjar dan PDIP
Anggota Bawaslu RI, Puadi/RMOL
rmol news logo Beredarnya video putra sulung dan menantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Bobby Nasution yang mengajak memilih PDI Perjuangan dan bakal calon presiden yang diusungnya, Ganjar Pranowo, direspon Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Anggota Bawaslu RI, Puadi mengatakan, pihaknya bersifat pasif merespon adanya video ajakan dua anak Jokowi tersebut, alih-alih menindaklanjuti jika ada laporan masyarakat yang masuk.

"Yang jelas, pintu masuk penanganan pelanggaran di Bawaslu itu ada 2, temuan dan laporan. Kita tunggu informasi awal," ujar Puadi usai membuka acara Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Senin (28/8).

Meski begitu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu RI itu memastikan Bawaslu konsisten melakukan pengawasan di masa sosialisasi saat ini, di mana hanya parpol yang boleh mengenalkan diri ke publik dengan batasan tertentu.

"Ya kita akan lihat dulu. Kita tetap konsisten melakukan pengawasan. Kita bisa lihat, ada enggak potensi-potensi pelanggaran administrasi, etik, pelanggaran terhadap UU lainnya," kata Puadi.

"Kalau itu bukan ranah Bawaslu, bisa kita rekomendasikan. Ada satu kewenangan yang bukan merupakan kewenangan Bawaslu," sambungnya menegaskan.

Lebih lanjut, mantan anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta itu memastikan saat ini belum ada peserta Pemilu 2024 terkecuali 18 Parpol.

"Pasca penetapan Parpol peserta pemilu, kita konsisten hanya mengawasi sosialisasi partai politik," demikian Puadi menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA