Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hindari Potensi Konflik Saat Distribusi Logistik Pemilu, Bawaslu Rekrut Pengawas dari Warga Adat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 05 Agustus 2023, 16:39 WIB
Hindari Potensi Konflik Saat Distribusi Logistik Pemilu, Bawaslu Rekrut Pengawas dari Warga Adat
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty/RMOL
rmol news logo Rekrutmen pengawas yang dilakukan di daerah otonomi daerah (DOB) pada pelaksanaan Pemilu 2024, akan diambil dari warga adat setempat demi mengantisipasi sejumlah masalah yang kemungkinan terjadi.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Lolly Suhenty menjelaskan, 4 DOB Papua memiliki karakteristik berbeda dari wilayah lain di Indonesia.

"Karena konflik antar suku juga tinggi, potensi keamanan juga rentan, apalagi ada problem distribusi logistik," ujar Lolly kepada wartawan, di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (5/8).

Dia menjelaskan, kemampuan pengawas Pemilu yang bertugas di DOB Papua mesti memenuhi beberapa hal.

"Salah satu yang kami hitung dan jadi diskusi serius adalah soal bagaimana kemampuan untuk mampu meredam gejolak di internal daerah," kata Lolly.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI itu menegaskan, rekrutmen pengawas Pemilu akan diutamakan berasal dari warga sekitar, utamanya warga adat.

"Yang terpilih memiliki latar belakang tokoh masyarakat adat. Kenapa ini dilakukan, ini antisipasi sebagai tindak pencegahan Bawaslu," ucap dia.

"Figur masyarakat adat masih sangat didengar. Nah, kita masuk dari kearifan lokal dengan cara-cara seperti itu. Sejauh ini situasinya masih sangat baik," demikian Lolly menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA