Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalau Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Relawan Jokowi Ngikut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 02:54 WIB
Kalau Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Relawan Jokowi <i>Ngikut</i>
Presiden Joko Widodo bersama Gibran Rakabuming Raka/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) diprediksi akan mengandalkan relawan dalam menerapkan strategi untuk Pilpres 2024 mendatang.

Analisa tersebut disampaikan pengamat politik Ujang Komarudin, menyusul kemunculan isu putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka akan dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu, peluang Gibran dimajukan cawapres Prabowo akan didukung Jokowi, jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materiil aturan batas minimum usai capres-cawapres.

"Kalau Gibran jadi cawapresnya Prabowo, maka suka tidak suka relawan Jokowi lari ke Gibran," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (3/8).

Dia mengamati, dalam konteks pemilihan langsung, personal atau figur menjadi faktor penting dalam pilpres daripada partai politik.

"Jadi saya melihat relawan-relawan ini lari ke Prabowo kalau bersama Gibran," tambahnya menegaskan.

Lebih lanjut, dosen politik Universitas Al-Azhar Indonesia itu meyakini, Jokowi tidak punya peranan penting di PDIP, sehingga usai  pensiun menjadi Presiden di 2024 tidak lagi punya kekuatan dalam mempengaruhi jalannya politik pemerintahan dalam negeri.

"Karena Jokowi tidak punya peran di PDIP, maka Jokowi cari cara lain untuk tetap bisa tetap kuat, bisa eksis, dan bisa aman setelah tidak menjadi presiden lagi," demikian Ujang menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA