Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uji Kualitas, KPU Diminta Gelar Debat Capres di Kampus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 20 Juli 2023, 11:38 WIB
Uji Kualitas, KPU Diminta Gelar Debat Capres di Kampus
Debat capres-cawapres pada Pilpres 2019/Net
rmol news logo Kualitas calon presiden (capres) 2024 diharapkan bisa diuji terbuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bahkan disarankan, pelaksanaannya digelar di tempat pendidikan seperti Universitas alias kampus.

Pengamat politik Jerry Massie menuturkan, masyarakat membutuhkan ruang mengenal kualitas calon pemimpin di muka umum, dengan argumen  bagaimana nasib Indonesia ke depan jika berada di bawah kepemimpinan mereka.

"Tempat paling ideal untuk menguji ada di kampus," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (20/7).

Menurutnya, kampus merupakan gudang akademisi tumbuh dan melahirkan gagasan-gagasan pembangunan bangsa.

"Maka tentu debatnya akan sangat membangun," sambungnya menegaskan.

Di samping itu, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) itu mengambil contoh kasus debat di kampus pada Pilpres Amerika Serikat.

"Waktu US Presidential Election 2016 sempat ada debat di tiga Universitas, antara lain Donald Trump di Hoftra University New York, sampai di University of Nevada dan University in St Louis, Missouri," urainya.

Oleh karena itu, pakar komunikasi politik lulusan America Global University ini memandang KPU perlu memfasilitasi kebutuhan masyarakat mengenal calon pemimpin 2024 melalui debat terbuka di kampus.

"Debat dengan cara ini saya yakin bisa menarik lebih banyak kesadaran politik mereka (masyarakat) untuk menyalurkan suaranya dengan suka rela," tuturnya.

"Apalagi, Pemilu 2024 kan mayoritas generasi Z, anak muda dan kaum milenial," demikian Jerry menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA