Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berpotensi Digeser Kuda Hitam Pilpres 2024 atau Capres Suprise, Anies Diwanti-wanti Tak Seceroboh Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 16 Februari 2022, 11:33 WIB
Berpotensi Digeser Kuda Hitam Pilpres 2024 atau Capres <i>Suprise</i>, Anies Diwanti-wanti Tak Seceroboh Ganjar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Dua nama gubernur yang digadang-gadang bakal diajukan parpol sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memiliki elektabilitas cukup tinggi.

Seperti kajian kuantitatif teranyar dari Lembaga Survei & Polling Indonesia (SPIN) yang dilaksanakan pada 31 Januri hingga 11 Februari 2022 lalu.

SPIN mencatat elektabilitas kedua kepala daerah itu berada di bawah Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, yang berada di urutan pertama.

Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, nama Anies yang berada di urutan kedua dengan elektabilitas 13,6 persen memang telah menyalip Ganjar yang turun ke urutan ketiga dengan elektabilitas 12,8 persen.

Namun, Jerry melihat Anies sedang beruntung lantaran Ganjar tengah diterpa isu kasus atau gejolak yang terjadi di Desa Wadas, Purworejo, yang menjadi salah satu faktor penurunan elektabilitasnya.

"Ganjar sudah ditinggalkan jauh oleh Prabowo dan Anies Baswedan. Semua itu lantaran faktor gegabah dan ceroboh," kata Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (16/2).

Meski begitu, Jerry mewanti-wanti Anies agar berhati-hati menjelang Pemilu Serentak 2024. Pasalnya dia melihat elektabilitas Ganjar bisa merosot lantaran kecerobohannya dalam memimpin Jawa Tengah. Khususnya terkait izin pelaksanaan kerja (IPL) untuk penambangan batu andesit di Wadas.

Di samping itu, Jerry juga meminta Anies untuk menjaga atau bahkan meningkatkan elektabilitasnya. Sebab ia melihat sejumlah tokoh di dalam survei yang berpotensi naik elektabilitasnya menjelang 2024.

"Tapi bisa saja Anies tersalip juga dengan calon lain seperti Kuda Hitam Ridwan Kamil dan capres suprise (kejutan) AHY," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA