Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antusiasme Netizen Terhadap Debat Cagub-Cawagub DKI Putaran Kedua Meningkat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 30 Januari 2017, 16:38 WIB
Antusiasme Netizen Terhadap Debat Cagub-Cawagub DKI Putaran Kedua Meningkat
rmol news logo Indonesia Indicator (12) mencatat antusiasme netizen terhadap debat kandidat cagub-cawagub DKI Jakarta putaran kedua meningkat dibandingkan debat kandidat pertama pada 13 Januari 2017.

12 merupakan perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence).

Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang, menjelaskan meskipun secara jumlah cuitan debat kandidat putaran kedua menurun, namun antusiasme netizen justru meningkat sebesar 9 persen dari debat sebelumnya.

"Jika di debat pertama terdapat 45.471 akun yang berpartisipasi, pada debat kedua menjadi 48.630 akun aktif," ujar Rustika dalam rilis hasil risetnya bertajuk "Pilgub DKI di Mata Netizen".

Acara debat kandidat putaran kedua yang digelar Jumat (27/1), direspon sebanyak 163.726 cuitan dari sebanyak 48.630 akun. Bahkan, hingga Minggu (29/1) hingga pukul 15.00 WIB, terdapat 144.325 cuitan lebih dari 30 ribu akun yang masih membahas debat kandidat.  "Emosi Trust, Anticipation, Disgust, Joy dan Surprise mendominasi percakapan pasca debat kedua," ungkap Rustika.

Emosi-emosi ini, kata dia, dimunculkan melalui berbagai dukungan terhadap pasangan calon (Trust), harapan dan kekhawatiran terhadap isu yang dimunculkan dari debat (Anticipation), kecewa karena berbagai hal yang diharapkan tidak terjadi (Disgust), ekspresi kesenangan karena berbagai hal (Joy), serta berbagai kekagetan netizen (Surprise) terkait kandidat-kandidat maupun respons pendukungnya.

Rustika mengungkapkan, debat kandidat Pilgub DKI telah menuai perhatian pemilih usia 26-35 tahun sebesar 40,6 persen dan disusul pemilih muda usia 18-25 tahun sebesar 31,5 persen. Sementara itu, kata dia, netizen di atas 35 tahun yang selama ini mendominasi isu Pilkada DKI menurun tajam.

"Hal ini menunjukkan adanya kesadaran generasi muda atas politik. Situasi ini berubah dari beberapa bulan sebelumnya di mana netizen yang berusia di atas 35 tahun yang mendominasi percakapan," tutur Rustika.

Berdasarkan hasil riset I2, sentimen negatif ditemukan sebesar 24 persen untuk keseluruhan perbincangan pada Debat Kandidat putaran kedua (27/1). Dilihat dari persebaran lokasi, tutur Rustika, cuitan dimunculkan dari berbagai wilayah di Indonesia dengan dominasi terbesar di Jakarta.

Sepanjang dua jam debat, papar Rustika, I2 juga mengukur sebanyak 19.242 cuitan ditujukan pada Agus-Sylvi, 30.651 cuitan ditujukan pada Ahok-Djarot, serta 18. 936 ditujukan pada Anies Sandi.

Hashtag teratas sepanjang debat antara lain: #Debat2pilkadaDKI, #AyoJawara1, #DebatpilkadaJKT, #DebatAHYPalingOke, #CoblosAniesSandi, #AhokDjarotBersih.  [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA