Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jangan Ada Tekanan, Pemilihan Ketum PAN harus Demokratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Minggu, 01 Maret 2015, 17:35 WIB
RMOL. Pemilihan Ketua Umum DPP PAN yang akan digelar malam ini di Bali harus berlangsung demokratis. Peserta Kongres IV harus diberi kebebasan dalam menentukan siapa yang akan mereka pilih dari dua calon yang berlaga.

"Jangan ada tekanan. Biarkan mereka apakah memilih Hatta kembali atau tidak," jelas Direktur Center of Strategis Nusantara Studiest (CSNS), Amirullah Hidayat, (Minggu, 1/3).

Kader muda Muhammadiyah ini menyampaikan hal tersebut berkaca dari Kongres sebelumnya. Dalam Kongres di beberapa periode lalu sudah mulai ditradisikan tidak adanya pemilihan ketua umum PAN. "Ini terjadi karena peran Amien Rais yang sangat dominan dan sangat tidak bagus bagi masa depan PAN. karena ini tradisi yang dapat menciptakan mentalitas yang buruk bagi PAN," ujarnya.

Pada waktu pelaksanaan Kongres III di Batam misalnya, langkah politik Amien Rais membuat Soetrisno Bachir kecewa termasuk pendukung Drajad Wibowo yang dipaksa mundur. Sehingga pemilihan berlangsung aklamasi. Menurutnya, hal itu tradisi yang tidak baik bagi PAN dan jangan sampai terulang. dalam Kongres PAN ke-4 di Bali ini.

"Sebab sangat berbahaya bagi masa depan PAN. Jadi seharusnya Amien Rais sebagai tokoh reformasi tidak boleh melakukan tindakan yang mencederai demokrasi dan dalam kongres PAN ke-4 ini seharusnya Amien Rais berada dalam posisi netral tidak berpihak kemanapun," tegasnya.

Apalagi, dia menambahkan, Amien Rais sebenarnya dikenal sebagai tokoh yang mempunyai peran besar dalam menurunkan rezim Orde Baru yang terkenal otoriter. "Makanya masyarakat mengenal PAN juga sebagai partai reformasi. Ini yang harus dipahami oleh peserta kongres PAN dan Amien Rais sendiri," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA