Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

J. Kristiadi: Masih Ada Tokoh yang Mau Perbaiki Keadaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/muhammad-q-rusydan-1'>MUHAMMAD Q RUSYDAN</a>
LAPORAN: MUHAMMAD Q RUSYDAN
  • Senin, 28 Oktober 2013, 16:41 WIB
J. Kristiadi: Masih Ada Tokoh yang Mau Perbaiki Keadaan
j. kristiadi/net
rmol news logo Membangun demokrasi di Indonesia bukan perkara mudah karena medan politik yang kotor, tidak ada aturan main yang adil, politik transaksional dan minimnya partisipasi masyarakat.

"Tidak mudah karena medan politik becek dan kotor, karena kompetisi politiknya tidak didasari aturan yang adil, karena modal masih jadi faktor yang dominan dalam menentukan kemenangan," jelas peneliti senior CSIS, J. Kristiadi, dalam diskusi "Pemilu 2014 dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia" di The Cone, FX Mall, Jakarta, Senin (28/10).

Di tengah situasi itu, pengamat politik ini masih melihat tokoh yang ingin memperbaiki keadaan. Karena itu, Kristiadi mengimbau masyarakat lebih berperan aktif dalam demokrasi.

"Niat dan kesadaran saja tidak bisa mengalahkan nikmatnya kekuasaan. Perlu kekuatan dari luar untuk membantu tokoh yang mau memperbaiki keadaan," imbuhnya.

"Tidak mungkin pemilu 2014 berkualitas tanpa partisipasi masyarakat untuk menjaga tokoh dan parpol. Partisipasi itu bukan hanya di bilik suara," tegas Kristiadi. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA