Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di New York, Badrodin Bicara Peran Polri Dalam Perdamaian Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Sabtu, 04 Juni 2016, 07:07 WIB
Di New York, Badrodin Bicara Peran Polri Dalam Perdamaian Dunia
badrodin haiti/net
rmol news logo Indonesia sangat menyadari pentingnya peningkatkan peran kepolisian dalam menentukan kesuksesan misi-misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Karena itu, Kepolisian RI (Polri) akan tingkatkan partisipasi dalam misi-misi pemeliharaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Demikian ditegaskan oleh Kapolri, Jenderal Pol Badrodin Haiti, pada United Nations Chief of Police Summit (UNCOPS) di Markas Besar PBB, New York, Jumat (3/6) waktu setempat.

Pada saat ini, sebanyak 183 personel Polri tengah bertugas di tiga misi PBB, yaitu di Darfur (UNAMID), Sudan Selatan (UNMISS) dan Haiti (MINUSTAH).
Sejalan dengan komitmen yang disampaikan oleh Wakil Presiden RI pada Konferensi Tingkat Tinggi mengenai Pemeliharaan Perdamaian tahun 2015, sebanyak 100 personel Polri tambahan, termasuk 40 polisi wanita, tengah dipersiapkan untuk berpartisipasi pada misi-misi PBB di masa mendatang.

Sedangkan Wakil Tetap RI untuk PBB, Duta Besar Dian Triansyah Djani, menyatakan, UNCOPS merupakan forum diskusi penting yang memberikan peluang bagi para Kepala Kepolisian untuk membicarakan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh Kepolisian, terutama dalam kerangka pemeliharaan perdamaian dunia.

Sejalan dengan amanah Konstitusi, harapan utama Indonesia tentunya adalah agar Polri dan TNI dapat berperan semaksimal mungkin dalam misi-misi pemeliharaan perdamaian, sehingga dapat terus mengharumkan nama Indonesia dan membuka peluang-peluang positif lainnya untuk Indonesia, seperti di bidang ekonomi, kebudayaan dan pariwisata.

Penyelenggaraan UNCOPS tahun ini merupakan pertemuan tingkat tinggi antara Kepala Kepolisian yang pertama kalinya diselenggarakan oleh PBB, dan dihadiri oleh 32 Kepala Kepolisian dan 87 pejabat tinggi lainnya dari negara-negara PBB.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah ke depan yang perlu dilakukan oleh United Nations Police guna memaksimalkan perannya dalam menghadapi tantangan-tantangan yang terjadi di bidang kepolisian, khususnya yang terjadi di misi-misi PBB. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA