Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tom Pasaribu: Tepat, Sutiyoso Kepala BIN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 10 Juni 2015, 22:36 WIB
Tom Pasaribu: Tepat, Sutiyoso Kepala BIN
rmol news logo . Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengajukan Letjen TNI (purn) Sutiyoso sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sutiyoso dinilai layak menduduki jabatan itu karena pengalamannya yang cukup panjang di militer.

Direktur eksekutif Komite Pemantau dan Pemberdayaan Parlemen Indonesia (KP3I) Tom Pasaribu mengatakan, penunjukan Sutiyoso merupakan langkah tepat. Di saat kondisi ekonomi Indonesia saat ini sedang melemah, negara membutuhkan sosok Kepala BIN yang berpengalaman di bidang intelijen.

"Pengalamam Sutiyoso tak perlu diragukan lagi. Dia sukses mengamankan ibukota negara pasca-kerusuhan tahun 1998. Dia dengan sigap mengamankan situasi ibukota saat itu," ujar Tom di gedung parlemen Jakarta, Rabu (10/6).

Selain pengalaman di bidang militer sebagai Pangdam Jaya, Sutiyoso 10 tahun menjabat gubernur DKI Jakarta. Bahkan saat jadi gubernur DKI, Sutiyoso berhasil membanguan jalur busway sekalipun mendapat perlawanan keras dari masyarakat saat itu.‎

"BIN itu tidak hanya mengamankan dari segi kejahatan namun juga aspek lain. Untuk saat ini sosok Sutiyoso sangat dibutuhkan di BIN," katanya.

Sutiyoso ketika dihubungi Rabu siang mengaku terkejut dengan kabar penunjukan dirinya. Dia mengaku tidak tahu kalau ditunjuk menjadi Kepala BIN.

"Sendiri belum dikasih tau, kaget aku," katanya.

Walau demikian Sutiyoso mengaku siap mengemban tugas negara tersebut jika dipercaya oleh Presiden Joko Widodo. Sebab posisi ini sesuai dengan tugasnya sewaktu masih aktif di militer.

"Karena intelijen itu kebetulan habitat saya dulu. Karena waktu saya lama di Kopassus, saya di pasukan sandi yudha," jelas Sutiyoso.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA