Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Didesak Bikin Badan Cyber Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 05 April 2015, 04:25 WIB
Pemerintah Didesak Bikin Badan Cyber Nasional
ilustrasi/net
rmol news logo Ketua Bidang Hukum dan Regulasi Desk Cyber Kemenkopolhukam Edmon Makarim mendorong pemerintah untuk membentuk Badan Cyber Nasional yang independen.

Pembentukan Badan Cyber ini akan menjadi bukti bahwa pemerintah memiliki kesadaran untuk mencegah terjadinya cyber crime di Indonesia. Edmon menyebut, anggota Badan Cyber bisa berasal dari berbagai unsur seperti akademisi, pebisnis dan pemerintah.

"Kami hanya mendorong pemerintah untuk mempunyai kesadaran," kata Edmon di Menteng, Jakarta, Sabtu (4/4).

Hal serupa juga disampaikan pengamat masalah cyber Fami Fachruddin. Dia menyatakan, pemerintah harus membuat Badan Cyber Nasional yang bertugas untuk mencegah terjadinya cyber crime.

"Korea, terakhir Israel membentuk National Cyber Security, tugasnya apa? Tugasnya melakukan pencegahan-pencegahan terhadap cyber crime," ucap Fami.

Dia menjelaskan, Badan Cyber Nasional bisa melakukan deteksi dini apabila ada kejahatan cyber crime, seperti kejahatan terhadap data perbankan dan data kependudukan. Keduanya adalah data yang harus dilindungi oleh negara.

"Apabila ada kebocoran, itu bisa menjadi kekacauan sosial, politik. Jadi pemerintah harus bisa melakukan pencegahan. Karena praktiknya sekarang ini hampir semua negara maju memiliki badan yang mengelola cyber crime ini," tandasnya seperti dikutip JPNN. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA