Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Strategi Lemhannas Hadapi Abad ke-21

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 03 Mei 2014, 17:39 WIB
Ini Strategi Lemhannas Hadapi Abad ke-21
Budi Susilo Soepandji/net
rmol news logo Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) mengaku memiliki serangkaian strategi agar Indonesia bisa menghadapi tantangan abad XXI atau era Asia Pasifik. Pertama dan yang paling utama ialah membangun kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kualitas moral, masalah karakter," ujar Gubernur Lemhannas Budi Susilo Soepandji di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (3/5).

Kualitas SDM kedua ialah visi kebangsaan yang sama, yakni setiap orang Indonesia memiliki visi trisakti Bung Karno. Kualitas SDM selanjutnya ialah memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam bidang sains, teknologi serta pengetahuan umum.

Strategi kedua Lemhanas ialah pembuatan agenda diskusi dan dialog bertema kebangsaan dengan partai politik dan para pakar terkait. Tujuannya, agar bagaimana para politisi, terlepas dari kepentingan politik mereka, prinsip kebangsaan harus tetap dijaga bersama-sama. Selain itu, Lemhannas juga akan kembali membuka layanan pendidikan geopolitik bagi kepala daerah di Indonesia.

"Ketiga, kami akan tetap melakukan kajian tentang apa yang terjadi," imbuh Budi.

Maksudnya, Lemhannas akan melanjutkan kegiatan biasa mereka terkait bagaimanan menjaga ketahanan nasional. Dan untuk itu, mereka melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA