Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

All New Santa Fe Diluncurkan saat Pasar Mobil Lesu, Ini Penjelasan Hyundai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 27 Oktober 2024, 04:43 WIB
All New Santa Fe Diluncurkan saat Pasar Mobil Lesu, Ini Penjelasan Hyundai
All New Hyundai Santa Fe/Hyundai Indonesia
rmol news logo Keputusan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan All New Hyundai Santa Fe saat permintaan mobil baru di dalam negeri sedang lesu cukup menimbulkan pertanyaan.

Sebab, Hyundai bisa saja menahan untuk meluncurkan produk baru setelah pergantian tahun. Apalagi, tahun ini tersisa dua bulan lagi.

Dijelaskan Chief Operating Officer (COO) HMID, Fransiskus Soerjopranoto, pasar roda empat justru butuh produk baru saat permintaan sedang drop. Hal tersebut diharapkan mampu memantik minat konsumen membeli mobil anyar.

"Memang kita lihat penurunan itu sudah terjadi sejak akhir tahun lalu. Kalau kita tidak mengenalkan produk baru dan inovasi, rasanya masyarakat sekarang akan tetap menggunakan mobil yang dipakai," ungkap Frans di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 Oktober 2024.

Ketika produsen kendaraan memilih tak meluncurkan produk baru, lanjut Fransiskus, konsumen justru akan lari ke mobil bekas. Itulah mengapa, meluncurkan mobil baru saat permintaan lesu justru langkah terbaik yang bisa diambil perusahaan.

"Saya bilang kalau produsen tidak mengenalkan produk baru, maka yang naik justru pasar mobil bekas. Kita lihat, permintaan mobil bekas di Indonesia itu 1,5 kali lipat dibandingkan mobil baru," tuturnya.

"Jadi dengan peluncuran mobil baru, konsumen bisa melihat dan meng-consider (untuk membelinya). Maka, pasar otomotif di Indonesia juga agak tumbuh," sambungnya.

Penjualan mobil baru (wholesales) pada September 2024 turun 4,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Bahkan, hingga 9 bulan pertama tahun ini, penjualan mobil baru di Indonesia baru mencapai 630 ribuan unit.

Kondisi tersebut membuat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merevisi target penjualan mobil baru di dalam negeri. Dari yang semula 1,1 juta unit menjadi 850 ribu unit setahun.

Adapun All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam 4 pilihan varian, yakni Prime ICE, Prime Hybrid, Calligraphy ICE dan Calligraphy Hybrid. Dengan harga mulai dari Rp699 juta hingga Rp869 juta on the road Jakarta. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA