Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amanah Hunting Kain Bersama Desainer Muda Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 09 Juni 2024, 18:25 WIB
Amanah Hunting Kain Bersama Desainer Muda Aceh
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) hunting kain bagi desainer muda di Aceh/Ist
rmol news logo Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) melanjutkan kegiatan pelatihan di bidang desain fesyen dengan menyelenggarakan hunting kain bagi desainer muda di Aceh.

Peserta diajak untuk mengunjungi beberapa rumah produksi kain di Banda Aceh, seperti Rumah Batik Malaka, Tenun Nyak Muh, Yuyun Bordir, Qas Songket, Zungket, Mutiara Songket, dan Ratu Tekstil.

Mereka diberikan kesempatan untuk melihat beragam koleksi kain dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan desain mereka. Seluruh pembelian kain peserta ditanggung sepenuhnya oleh Amanah.

Ketua IFC Aceh, Khairul Fajri mengatakan, dalam kegiatan itu peserta juga diminta untuk mulai mengeksekusi sketsa atau moodboard yang telah mereka buat sebelumnya dengan memilih bahan yang sesuai.

“Mereka sudah punya masing-masing 9 desain, jadi kita membawa mereka untuk mini shopping untuk material," ujar Khairul dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6).

Selain memilih kain, peserta juga mendapatkan bimbingan dari Khairul dalam memadukan motif kain wastra (kain tradisional) dengan jenis kain lainnya.

Lanjut Khairul, hal ini penting karena jenis kain yang dibutuhkan cukup beragam, mulai dari bordir, batik, tenun, hingga jenis kain lainnya.

“Para designer ini kadang suka hilang fokus dengan apa yang dia desain ketika dihadapkan dengan material, keinginannya jadi berubah," katanya.

"Yang kedua, Availability wastra (kain tradisional) di Aceh ini juga cukup sulit," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA