Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Jakarta Puas dengan Kinerja Heru soal Transportasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 29 Mei 2024, 03:31 WIB
Warga Jakarta Puas dengan Kinerja Heru soal Transportasi
Stasiun Velodrome LRT Jakarta/Ist
rmol news logo Sekitar 70 persen responden menyatakan kepuasannya atas kinerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam mengatasi persoalan transportasi.

Hal itu sebagaimana lembaga penelitian dari Arus Survei Indonesia (ASI).

Sebanyak 70 persen lebih tersebut adalah gabungan dari 12,5 persen masyarakat yang mengaku sangat puas, serta 62,3 persen masyarakat mengaku cukup puas.

Sementara itu, terdapat 18,5 persen masyarakat mengaku kurang puas, serta 4,5 persen mengaku sangat tidak puas. Adapun masyarakat yang mengaku tidak tahu hanya berjumlah 2,3 persen.

Pengamat Transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan mengaku tidak heran melihat hasil survei tersebut.

Karena, menurut Tigor, Heru sangat serius dalam menyelesaikan program prioritas. Mulai dari sistem integrasi angkutan umum untuk mengurai kemacetan.

Sebagai contoh, Tigor melanjutkan proyek kereta listrik Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B dari ruas Velodrome-Manggarai.

Nantinya pengguna LRT Jakarta ini bisa melanjutkan perjalanannya menggunakan KRL Commuterline Jabodetabek dan Transjakarta yang ada di Stasiun Manggarai.

"Ini akan meningkatkan inter-konektivitas dan integrasi dengan moda transportasi publik lain di Jakarta dalam melayani masyarakat pengguna transportasi publik Jakarta serta berperan signifikan dalam memecahkan masalah kemacetan kota Jakarta," kata Tigor dikutip Rabu (29/5).

Tigor menjelaskan, LRT Fase 1B itu nantinya akan mencapai jarak 6,4 kilometer serta diharapkan dapat membawa 180.162 penumpang, atau minimal 80.000 – 100.000 penumpang per hari. Adapun target konstruksi awal dimulai pada paruh pertama 2023.

Diketahui, LRT Jakarta telah mengoperasikan layanan kereta listrik secara komersial sejak 1 Desember 2019. Sebagai operator transportasi publik berbasis kereta listrik modern, LRT Jakarta saat ini telah melayani pengguna jasa dengan rute sepanjang 5,8 kilometer dari Kelapa Gading Jakarta Utara hingga Rawamangun, Jakarta Timur.

Saat ini para pengguna LRT Jakarta dapat mengakses melalui enam stasiun jalur layangnya yakni Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equistrian dan Velodrom. Jumlah penumpang LRT Jakarta saat ini sudah mencapai rata-rata 3.000 pengguna.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA