Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelatihan Keterampilan Bekas Jukir Liar Jangan Formalitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 25 Mei 2024, 02:14 WIB
Pelatihan Keterampilan Bekas Jukir Liar Jangan Formalitas
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono/Ist
rmol news logo Rencana Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta memberi pelatihan keterampilan kepada bekas juru parkir (jukir) liar di Balai Latihan Kerja (BLK) diharapkan tidak sekadar formalitas.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, rencana memberi pelatihan keterampilan harus secepatnya direalisasikan agar tidak terkesan hanya formalitas untuk menjawab sorotan publik terhadap kegiatan penertiban jukir liar.

“Tapi harus digarisbawahi bahwa pelatihan yang diberikan itu harus benar-benar aplikatif dan langsung dipraktikkan dalam situasi dan kondisi yang sebenarnya,” kata Mujiyono dikutip Sabtu (25/5).

Menurut dia, pelatihan yang bersifat formalitas pada akhirnya hanya menimbulkan masalah baru. Sebab dikhawatirkan para jukir tidak dapat mengaplikasikan keterampilan itu dalam kehidupan sehari-hari.

“Jangan hanya memberikan pelatihan-pelatihan formalitas dan ternyata tidak dapat diaplikasikan mereka untuk mencari nafkah bagi keluarga para Jukir,” kata Mujiyono.

Selain itu, Pemprov DKI juga diminta melakukan profiling terhadap para jukir yang diberi pelatihan. Sehingga ilmu yang diterima sesuai bakat yang mereka miliki.

“Misalnya ada jukir yang dapat bekerja sebagai satpam, maka perlu diberi pelatihan dan disalurkan menjadi petugas keamanan baik di kantor pemerintah ataupun swasta,” tutup Mujiyono.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA