Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BPOM Aceh Temukan Boraks dalam Mie Goreng Takjil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 06 April 2024, 01:52 WIB
BPOM Aceh Temukan Boraks dalam Mie Goreng Takjil
BPOM Aceh saat melakukan intensifikasi pengawasan pangan selama bulan Ramadan/BPOM Aceh
rmol news logo Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh telah menguji 95 sampel takjil saat intensifikasi pengawasan pangan selama bulan Ramadan dan jelang Idulfitri 1445 Hijriah. Dari sampel itu ditemukan mie goreng mengandung bahan berbahaya jenis boraks.

"Sampel ini nantinya akan dilakukan uji konfirmasi lebih lanjut di laboratorium BPOM Aceh," kata Kepala BPOM Aceh, Yudi Noviandi, dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Jumat (5/4).

Yudi menambahkan, intensifikasi tersebut dilakukan pada sarana distributor dan retail pangan maupun pengawasan takjil Ramadan yang ada di empat daerah. Yaitu Bireun, Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Aceh Timur

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengamankan 875 kilogram Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya mengandung boraks yang dapat menyebabkan berbagai gangguan bagi kesehatan.

Kemudian dari hasil pengawasan yang dilakukan terhadap 38 sarana distributor dan retail pangan, masih ditemukan 20 sarana yang tidak memenuhi ketentuan (TMK).

"Meliputi 19 jenis produk tanpa izin edar (TIE) seperti teh hijau Thailand, Milo Malaysia, dan Permen Hacks, enam jenis produk kedaluwarsa, dan 24 jenis produk rusak," paparnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA