Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ternyata Banyak Apar di Jakarta Tak Berfungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 04 April 2024, 13:43 WIB
Ternyata Banyak Apar di Jakarta Tak Berfungsi
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Simon Sitorus/Ist
rmol news logo Banyak persediaan alat pemadam api ringan (Apar) di Jakarta yang sudah tak laik atau tidak berfungsi. Untuk itu Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta didorong segera menginventarisasi ketersediaan Apar.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Simon Sitorus mengaku banyak menerima keluhan warga terkait tidak berfungsinya Apar. Padahal alat itu sangat penting untuk mencegah api membesar saat terjadi kebakaran.

“Saya banyak temuan di masyarakat tentang masalah alat pemadam api ringan. Salah satunya di RW 9 Kelurahan Petukangan Utara, ada dua unit sudah rusak, padahal daerah situ kawasan padat penduduk,” kata Simon dikutip Kamis (4/4).

Usai mengganti Apar rusak dengan yang baru, Dinas Gulkarmat juga diharapkan mengecek secara berkala kelayakan fungsi alat tersebut.

Setidaknya, pengecekan dilakukan setiap enam bulan sekali untuk memastikan tidak kadaluarsa dan tuas atau nozzle masih dalam kondisi baik.

Selain itu, pelatihan cara menggunakan Apar juga sangat dibutuhkan agar masyarakat tidak kebingungan saat si jago merah mulai membesar. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA