Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

2.098 Warga Terjangkit DBD, Pemkot Bandung Siagakan 41 Rumah Sakit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 29 Maret 2024, 07:01 WIB
2.098 Warga Terjangkit DBD, Pemkot Bandung Siagakan 41 Rumah Sakit
Ilustrasi/RMOLJabar
rmol news logo Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Bandung meningkat. Hingga Maret ini tercatat 2.098 kasus.

Merespons kondisi itu, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (29/3), Pemkot Bandung meminta 41 rumah sakit siaga.

"Kami bersepakat, bila ada kasus DBD, teman-teman di rumah sakit menyediakan ruang untuk segera ditangani," kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

Dia meminta rumah sakit terus memperbaharui data pasien DBD secara berkala. Sehingga, data yang didapat valid dan real-time, dan selanjutnya dilakukan intervensi penanggulangan yang efektif.

"Sampai minggu ketiga Maret ada penurunan kasus dibanding awal Maret. Mudah-mudahan datanya valid dan real-time, sistem informasinya harus update," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian, mengatakan, saat ini tingkat keterisian rumah sakit di mencapai 73,6 persen. Beberapa di antaranya didominasi pasien DBD.

"Di Kota Bandung sedang terjadi kenaikan kasus demam berdarah cukup signifikan. Ini beban bagi rumah sakit, karena dari data yang kami dapat, keterisian mencapai 73,6 persen, itu cukup tinggi," kata Anhar.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA