Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Volume Sampah di Banda Aceh Melonjak selama Ramadan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 20 Maret 2024, 13:22 WIB
Volume Sampah di Banda Aceh Melonjak selama Ramadan
Tumpukan sampah di TPA Gampong Jawa, Banda Aceh/Ist
rmol news logo Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Kota Banda Aceh mencatat selama Ramadan 1445 Hijriah, volume sampah di Ibukota Provinsi Aceh meningkat drastis. Rata-rata kenaikan mencapai 14 ton per hari.

"Pada hari biasa, sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa sekitar 256 ton per hari. Saat Ramadan, jumlahnya meningkat menjadi 270 ton per hari," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLHK3 Banda Aceh, Asnawi dikutip dari Kantor Berita RMOLAceh, Rabu (20/3).

Asnawi menyebutkan, peningkatan volume sampah ini dipicu oleh beberapa faktor, seperti banyaknya jumlah penjual makanan berbuka puasa. Selain itu ada juga sampah saat masyarakat menyiapkan menu berbuka.

Asnawi mengatakan, untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya telah melibatkan semua unsur masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Seperti, mengimbau warga agar membuang sampah pada tempatnya.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dan bahan sekali pakai lainnya," ujar Asnawi.

Selain itu, kata Asnawi, DLHK3 Banda Aceh juga telah memastikan armada pengangkut sampah dan petugas kebersihan bekerja selama Ramadan.

"Dengan kerjasama semua pihak, diharapkan kebersihan Kota Banda Aceh dapat tetap terjaga selama Ramadan," tutup Asnawi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA